Proses Akuisisi Saham Newcastle Ditentang Badan HAM Dunia

ElangNews.com – Proses akuisisi saham klub akan segera berpindah pada Mohammed Bin Salman. Pangeran Arab Saudi itu dikabarkan siap membayar 300 Juta Euro untuk meresmikan status kepemilikannya atas klub .

Sebelumnya, proses akuisi saham Newcastle sudah ditentang oleh oleh pihak BeIN Sports. Kali ini, penolakan atas rencana akuisisi saham Newcastle oleh Mohammed Bin Salman kembali muncul dari Badan HAM Dunia.

Jika sebelumnya BeIN Sports menentang proses akuisisi saham Newcastle karena kasus pembajakan hak siar di Arab Saudi. Maka, penolakan Badan HAM dunia hadir dalam bentuk surat yang berisi catatan kasus HAM yang berkaitan dengan Arab Saudi.

Berdasarkan laporan Rob Harris, Jurnalis AP, surat penolakan itu ditulis oleh Founder Badan HAM Dunia (HRF), Thor Halvorssen dan ditujukan kepada pimpinan Liga Premier Inggris, Richard Masters.

  Prediksi Pertandingan Premier League Inggris Manchester City vs Burnley

“Surat ini saya tuliskan untuk menjelaskan kembali, betapa buruknya persoalan HAM di Arab Saudi. Saya meminta pertimbangan pihak untuk melihat segala resiko dari rencana akuisis saham klub Newcastle terhadap kepemimpinan Mohammed Bin Salman.”

“Premier League berhak atas kesempatan untuk memberikan dampak baik kepada situasi HAM di Arab Saudi dengan memblokir rencana akuisisi saham klub Newcastle United atas nama Mohammed Bin Salman. Selain daripada itu, Premier League seharusnya bisa menjaga komitmen perihal kebebaaan dan kesejahteraan pada dunia dengan memblokir proses akuisisi saham Newcastle United.” Demikian bunyi surat yang ditulis oleh Thor Halvorssen.

  Prediksi Pertandingan Premier League Inggris Brighton & Hove Albion vs Manchester United

Mohammed Bin Salman sendiri dikabarkan akan mengakuisisi saham Newcastle United melalui Saudi Public Investmen Fund. Akan tetapi, upaya Rob Harris, Jurnalis AP dalam meminta klarifikasi atas hadirnya surat penolakan dari Badan HAM Dunia tak berakhir memuaskan. Pihak Saudi Public Investment Fund masih menolak untuk memberikan keterangan atas hadirnya surat dari Badan HAM Dunia tersebut.

Hadirnya surat penolakan dari Badan HAM Dunia tentu akan semakin menghambat proses akuisisi saham Newcastle United. Pasalnya, pihak Premier League tentu akan berfikir kembali sebelum memutuskan untuk melegalkan status akuisisi saham Newcastle United oleh Mohammed Bin Salman. Pasalnya, nama baik dan reputasi Premier League saat ini sedang disorot dalam polemik akuisis saham klub Newcastle United.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here