Youtube Uji Fitur Baru, Sembunyikan Jumlah Dislike
Ilustrasi .

Elangnews.com, Jakarta – Salah satu media sosial terbesar, YouTube mengumumkan mulai menguji salah satu kebijakan baru, pada platform videonya, hari ini (31/03). Mereka akan mencoba menyembunyikan jumlah dislike, pada unggahan video.

Eksperimen kecil tersebut akan dilakukan YouTube untuk beberapa waktu dan melibatkan warga net secara langsung. YouTube mengumumkan kebijakan tersebut melalui akun resmi twitter-nya.

Menurut mereka, menyembunyikan jumlah dislike, merupakan hasil dari umpan balik para pembuat konten video. “Kami menguji beberapa desain baru yang tidak menunjukkan jumlah tidak suka (dislike) ke publik. Jika Anda adalah bagian dari eksperimen kecil ini, Anda mungkin melihat salah satu desain ini dalam beberapa minggu mendatang,” ujarnya seperti ditulis di twitter.

Baca Juga:   Dalam Waktu Dekat, Facebook akan Luncurkan Instagram buat Anak-anak

Pihak YouTube menegaskan bahwa mereka tidak akan menghapus tanda dislike. Mereka hanya menyembunyikan jumlah yang memilih dislike pada sebuah konten video. “Pengguna tetap bisa memberi sinyal bahwa mereka tidak menyukai suatu video, tadi disembunyikan jumlahnya,” demikian pihak YouTube menyampaikan.

Baca Juga:   Dalam Waktu Dekat, Facebook akan Luncurkan Instagram buat Anak-anak

Pihak YouTube mengatakan bahwa jumlah dislike pada konten video dapat mempengaruhi pendapatan kreator video. “Dan dapat memotivasi warganet lain pilih dislike karena lebih pada pembuat videonya,” ujar pihak YouTube.

Mereka juga tetap memastikan masukan dari warganet. “Namun melihat jumlah dislike juga dapat membantu memberi sinyal kepada orang lain saat video dianggap clickbait, atau hanya spam, atau menyesatkan,” demikian keterangan YouTube.
(tup/red)