Terra Drone Indonesia Kerjakan Survey Topography untuk Pembangunan PLTA
Teknologi drone lidar milik Terra Drone Indonesia (istimewa)

Elangnews.com, Aceh – Terra Drone Indonesia beberapa waktu lalu telah sukses melakukan penskalaan topography memakai drone LiDAR (Light Detection and Ranging) untuk keperluan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Lutueng, yang berada di Dusun Lutueng, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Pekerjaan itu sukses dituntaskan di daerah selebar ± 220 hektar dengan keadaan wilayah yang berbukit cukup curam, dengan sejumlah besar masih berbentuk rimba dan semak belukar.

Terra Drone Indonesia lakukan survey itu lewat kerja sama dengan PT. BRANTAS ENERGI yang dipilih pemerintahan lewat PT PLN (Persero). PT BRANTAS ENERGI sendiri adalah perusahaan yang beroperasi di sektor Renewable Energy, terutamanya Hydro Power.

Penskalaan topography memakai drone lidar ini mempunyai tujuan untuk memperoleh peta komplet yang memvisualisasikan kontur dan keadaan lapangan terbaru.

Peta itu akan dipakai sebagai landasan pengkajian, design dan rencana pembangunan PLTA Lutueng. Dengan tehnologi Lidar punya Terra Drone, pemodelan kontur selengkapnya dan tepat bisa dilaksanakan dengan ongkos yang tambah murah sampai dua sampai 3x dari tehnologi sama yang lain.

Pekerjaan survey topography untuk pembangunan PLTA Lutueng ini membutuhkan penyiapan yang masak baik personel, perlengkapan atau sistem penerapan pekerjaan supaya pekerjaan bisa dituntaskan secara cepat.

Beberapa pilot Terra Drone Indonesia sudah eksper dalam lakukan penskalaan topography di tempat yang susah dijangkau hingga memahami akan sistem operasionalisasi drone yang bagus dan aman.

Hasil akhir yang didapatkan berbentuk kontur dengan tingkat ketepatan dan kecermatan tinggi dan cukup buat kepentingan rencana/design pembangunan PLTA Lutueng.

“Berkat adanya data yang dihasilkan oleh teknologi drone lidar di pembangunan PLTA Lutueng ini diharapkan akan mempercepat dan memudahkan kontraktor dalam pembangunan,” kata Michael Wishnu sebagai CEO Terra Drone Indonesia dalam rilis yang diterima elangnewscom pada Jumat (5/2/2021).

Sehingga lanjut Michael, PLTA dapat segera menambah cadangan energi listrik untuk industri maupun rumah tangga, dan memberi kesejahteraan khususnya di daerah Aceh Tengah dan sekitarnya. (IN)