Telegram, Aplikasi paling Banyak Diunduh di Dunia
Peringkat aplikasi paling banyak diunduh di dunia. (Sumber: Sensor Tower)

Elangnews.com – Aplikasi percakapan Telegram, menjadi aplikasi non-gaming paling banyak diunduh di dunia per Januari 2021. Berdasarkan survei terbaru Sensor Tower, lembaga konsultan ekonomi aplikasi internasional, banyak pengguna WhatsApp beralih ke Telegram.

Sepanjang Januari 2021, Telegram paling banyak diunduh di seluruh dunia dengan lebih dari 63 juta pemasangan. Angka ini meningkat empat kali lipat dari Desember 2020. India menjadi negara paling banyak menginstal Telegram yaitu sebesar 24% dan diikuti Indonesia sebesar 10%.

Survei sebelumnya di Desember 2020, Telegram hanya menempati posisi kesembilan, aplikasi paling banyak diunduh. “Telegram mendapat dorongan besar dalam hal pengguna baru di bulan Januari setelah WhatsApp, platform perpesanan yang mendominasi saat ini menerima banyak kritik karena memperkenalkan kebijakan privasi baru,” seperti dikutip dari livemint.com, (08/02).

Baca:  Signal VS Telegram, Mana yang Lebih Privasi?

Pihak Sensor Tower juga menyebutkan Signal juga ikut mendapatkan pengguna baru, karena persoalan kebijakan WhatsApp tersebut. Aplikasi Signal dari survei Sensor Tower, menempati urutan ketiga. “Signal juga menjadi daya tarik di Januari 2021,” analisis Sensor Tower.

Di peringkat kedua, ada aplikasi TikTok. Jumlah penginstal mencapai 62 juta akun. Negara dengan jumlah penginstalan terbesar adalah Tiongkok dengan lebih dari 10,5 juta pengistalan (17%), diikuti oleh Amerika Serikat dengan lebih 6 juta penginstalan (10%). Meski demikian, di Desember 2020, TikTok sempat menjadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Baca:  5 Aplikasi Obrolan Vidio Terbaik Untuk Android

Aplikasi WhatsApp sendiri merosot dari posisi ketiga di Desember 2020, ke posisi kelima di Januari 2021. Dalam membuat survei ini, Sensor Tower mengkompilasi data yang ada dengan menggunakan platform Store Intelligence Sensor Tower.
(tup/red)