Spotify Gugat Apple, Dituding Monopoli Aplikasi di AppStore
Logo music dan . (sumber: minews.id)

Elangnews.com, Brussel – Perusahaan kaliber internasional yang bergerak di bidang teknologi, Apple Inc. diduga melakukan monopoli aplikasi di sistem operasi iOS. Lembaga mendakwa Apple telah melakukan persaingan usaha yang tidak sehat.

Gugatan tersebut diajukan oleh Spotify, aplikasi streaming musik digital, podcast, dan video dari arti di seluruh dunia. Spotify menggugat Apple karena diduga telah merugikan bisnis Spotify.

Ceritanya, di 2019 lalu, Apple diduga melakukan pembatasan kepada masyarakat untuk mengunduh Spotify di app store. Dengan tujuan agar pengguna iOS memilih menggunakan Apple music, aplikasi buatan Apple.

Selain itu, Spotify juga memprotes penetapan tarif komisi 30% kepada Apple atas pembelian aplikasi di App Store. Menurut pihak Spotify, karena dengan tarif tinggi memaksa Spotify menawarkan langganan aplikasi premiumnya sebesar USD12,99 per bulan.

Dikutip dari Reuters, dengan harga yang lumayan mahal dan tidak kompetitif, menyebabkan Spotify tidak bisa bersaing. Selain itu, Spotify juga kesal karena pembayarannya harus menggunakan in-app purchase system (IAP) Apple.

“Apple akan menghadapi dakwaan antitrust UE dalam beberapa minggu mendatang, setelah digugat Spotify. Karena adil secara tidak adil mendorong layanan streaming musiknya sendiri,” ujar sumber Reuters, (5/3).

Selain dengan Spotify, lembaga antitrust Eropa juga mendapat gugatan atas Apple dari pengembang aplikasi lainnya. “Selain kasus Spotify, Komisi juga sedang menyelidiki aturan App Store Apple untuk semua aplikasi yang bersaing, untuk e-book dan buku audio. Serta syarat dan ketentuan untuk layanan pembayaran seluler Apple Pay,” ujar sumber Reuters tersebut.
(tup/red)