Spesies Baru Bunga Rafflesia Ditemukan di Malaysia
Bunga . (Sumber foto: Yunoh et al.)

Elangnews.com, Malaysia – Bunga langka endemik asal Indonesia jenis Rafflesia, juga ditemukan di Malaysia. Bahkan diketahui sudah ada 7 jenis Rafflesia di Malaysia.

Terbaru, para peneliti asal Malaysia, menemukan Bunga Rafflesia jenis baru di hutan Pulau Tioman, Pahang, Malaysia. Karena asalnya dari Pulau Tioman, para peneliti memberi nama latin Rafflesia tiomanensis.

Dikutip dari Jurnal Malayan Nature, yang berjudul Rafflesia tiomanensis (Rafflesiaceae), a new species from Pulau Tioman, Pahang, Malaysia (25/03), Rafflesia tiomanensis memiliki keunikan, jika dibandingkan jenis rafflesia lainnya.

“Setelah pemeriksaan yang cermat, ternyata bunga itu memiliki kombinasi karakteristik unik yang tidak cocok dengan spesies mana pun yang diketahui,” seperti ditulis salah satu peneliti, Siti-Munirah Mat Yunoh dari the .

Menurutnya, tunas-tunas kecil mirip kutil Rafflesia tiomanensis berukuran diskrit kecil pada lobus perigon. Karakter lain, tidak adanya kutil pada permukaan atas diafragma, kurangnya proses pada piringan, tidak adanya pelek piringan, dan bentuk tidak beraturan yang bukaan bukaannya bervariasi.

“Semua spesies lain di Semenanjung Malaysia memiliki kutil di permukaan atas diafragma, proses, dan pinggiran cakram. Spesies baru ini dengan demikian sepenuhnya unik, ”katanya.

Untuk ukurannya, memiliki kemiripan dengan jenis rafflesia lain. Untuk rafflesia dewasa diameternya bisa mencapai 1 m dengan berat 10 kg. Saat mekar, Rafflesia tiomanensis juga mengeluarkan bau menyengat dan busuk.
(tup/red)