Sebelum Perjalanan Jauh, Inilah Bagian Mobil yang Perlu dicek (istimewa)Sebelum Perjalanan Jauh, Inilah Bagian Mobil yang Perlu dicek (istimewa)

Elangnews.com, Jakarta – Memasuki liburan Tahun Baru Imlek 2572 di akhir pekan ini, menjadi sangat penting untuk pastikan kendaraan pada keadaan sempurna saat hendak bepergian jauh dengan keluarga atau teman dekat. Ini karena untuk menghindar dari peristiwa yang tidak diharapkan. Misalkan, saat mobil berhenti di tengah-tengah jalan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita memeriksa beberapa komponen mobil lebih dulu. Dibawah ini beberapa komponen mobil yang perlu dilihat saat sebelum melancong jauh versus PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance):

Filter

Filter pada mobil berperan untuk menahan dan memfilter debu dan kotoran supaya tidak masuk di mesin kendaraan. Check filter pada mobil secara detail dimulai dari filter oli, penyaring udara sampai filter bensin. Bersihkan filter AC juga sangat penting supaya perjalanan masih nyaman.

Wiper

Di musim penghujan seperti saat ini, wiper jadi salah satunya elemen yang harus dilihat. Saat hujan turun deras, penglihatan di seputar mobil jadi terbatas. Wiper ini berperan untuk bersihkan kaca sisi depan mobil dari air hujan supaya sopir masih dapat mengemudi dengan gampang.

Baca:  Jaring Pelanggan, Tugu Insurance Gaet Lifepal di Pasar Digital

Oli

Sebaiknya untuk menukar oli saat sebelum memakai mobil untuk tempuh jarak jauh. Ini dilaksanakan untuk pastikan perform mesin masih optimal sepanjang perjalanan.

Aki

Aki berperan untuk simpan dan memasok daya listrik untuk elemen yang lain. Bila ada permasalahan pada aki pasti menghalangi perjalanan. Lampu Janganlah sampai lampu pada mobil telah redup apa lagi saat ingin melancong jauh pada malam hari. Yakinkan lampu sein berperan secara baik karena lampu ini dapat meminimalkan resiko kecelakaan saat mobil membelok.

Ban

Walau ada ban cadangan, perlu untuk memeriksa tapak dan penekanan angin pada ban mobil. Biasanya, ban mobil ditukar tiap tiga tahun. Selekasnya tukar ban bila keadaan tapak ban telah melalui tread wear indicator (TWI).

Baca:  Jaring Pelanggan, Tugu Insurance Gaet Lifepal di Pasar Digital

Rem

Rem blong jadi pemicu kecelakaan yang biasa. Dijumpai, rem blong ialah saat mekanisme pengereman tidak berperan tidak bagus atau bahkan juga tidak sama sekalipun. Check mekanisme pengereman dan minyak rem lebih dulu saat sebelum mengawali perjalanan.

Cairan

Radiator Selalu check air radiator pada bak reservoir. Cairan radiator pastikan supaya mesin tidak alami overheat atau saat mesin alami panas terlalu berlebih.

Perlu diingat, sebelum pergi jauh harus memeriksa beberapa komponen ini. Namun bila mobil tiba-tiba berhenti di tengah jalan, tak perlu cemas dan kontak langsung derek mobil yang bisa dihandalkan. Dengan mempunyai asuransi t drive dari Tugu Insurance, sudah ada service derek T Rex 24 jam dengan mengontak Call TIA 1500458 dan mobil derek akan datang di lokasi Anda.

Berita Sains & Teknologi : Sebelum Perjalanan Jauh, Inilah Bagian Mobil yang Perlu dicek, ElangNews.com.