ElangNews.com – Peneliti Harvard Xiaowei Zhuang bersama timnya, telah menentukan bagaimana struktur DNA memengaruhi perilaku baik dalam mempertahankan fungsi yang tepat atau mungkin menyebabkan penyakit dengan bantuan metode pencitraan 3D resolusi tinggi yang baru.

Tim mulai membangun peta kromosom dari gambar lensa lebar untuk 46 kromosom, termasuk close-up pada satu bagian dari satu kromosom dengan menggunakan metode pencitraan 3D resolusi tinggi yang baru.

Gambar 3D Kromoson Manusia

gambar 3d kromoson manusia resolusi tinggi

Profesor Xiaowei Zhuang terkenal karena karyanya dalam pengembangan Stochastic Optical Reconstruction Microscopy (STORM), metode mikroskop fluoresensi resolusi-super, dan merupakan peneliti di Institut Medis Howard Hughes, Departemen Kimia dan Biologi Kimia, dan Departemen Fisika di Universitas Harvard.

Dengan menggunakan teknologi ini, Profesor Xiaowei dan timnya membuat representasi visual dari sekitar 2.000 lokus kromatin per sel, menandai peningkatan lebih dari sepuluh kali lipat dari pekerjaan sebelumnya dan cukup kuat untuk membentuk gambar resolusi tinggi tentang seperti apa struktur kromosom di habitat endemiknya. . Mereka juga membuat representasi visual dari aktivitas transkripsi (ketika RNA mereplikasi materi genetik dari DNA) dan struktur inti seperti nukleolus dan bintik inti.

Baca:  Peneliti Menangkap Gambar 3D Resolusi Tinggi Kromosom Manusia

Untuk mengganti sel yang rusak, semua makhluk hidup membuat yang baru dengan mereplikasi DNA lama. DNA satu sel bisa mencapai panjang 6 kaki

Dengan genom Google Maps 3D mereka, mereka dapat mulai menganalisis bagaimana struktur bergeser dari waktu ke waktu dan bagaimana gerakan teritorial itu membantu atau merusak pembelahan dan replikasi sel.

Dengan visual beresolusi tinggi, tim di Harvard menentukan bahwa area dengan banyak gen cenderung berkumpul di area serupa pada kromosom mana pun. Namun daerah dengan sedikit gen hanya berkumpul jika mereka berbagi kromosom yang sama.

Satu teori mengatakan bahwa area kaya gen, yang merupakan lokasi aktif untuk transkripsi gen, berkumpul seperti pabrik untuk memungkinkan produksi yang lebih efisien.

Baca:  Peneliti Menangkap Gambar 3D Resolusi Tinggi Kromosom Manusia

Tim juga menemukan bahwa tidak ada dua kromosom yang terlihat identik bahkan dalam sel yang sebaliknya.

Kesimpulan paling inovatif yang diperoleh tim adalah bahwa lingkungan kromatin lokal memengaruhi aktivitas transkripsi, oleh karena itu struktur memengaruhi fungsi. Faktor transkripsi sering kali menentukan bagaimana sel berkembang dan protein mana yang diproduksi dalam jumlah berapa. Segmen DNA yang diikat oleh faktor transkripsi dapat memiliki berbagai pengaturan teritorial. Akibatnya, ini mengubah struktur faktor transkripsi itu sendiri dan mengontrol aktivitasnya

Sementara lebih banyak pekerjaan di bidang ini diperlukan, tetapi tim di Harvard telah melakukan layanan yang luar biasa kepada dunia Sains melalui penelitian mereka yang rajin. Dr. Xiaowei dikutip oleh Sci News mengatakan bahwa “Tidak cukup hanya berpatok pada hasil kerja kami. Kita perlu membangun lebih banyak lab yang mengerjakan pekerjaan kami ini untuk mendapat kesimpulan yang komprehensif,“.

Berita Sains & Teknologi : Para Peneliti Harvard Ciptakan Gambar 3D Resolusi Tinggi Kromosom Manusia, ElangNews.com.