Ini Drone Penghancur, Dipakai Tentara Inggris di Mali
Drone40s pembawa granat. (sumber foto: Crown Copyright)

Elangnews.com – Baru-baru ini ramai diberitakan pasukan tentara Inggris menggunakan drone peledak yang bisa membawa granat 40 mm. Tentara Inggris memakai drone ini dalam operasi Newcombe di Mali. Operasi tersebut bagian dari misi kontra terorisme, yang tergabung dalam Misi Stabilisasi Terpadu PBB untuk Mali (MINUSMA).

Untuk mendukung operasi, tentara Inggris menggunakan drone granat dengan brand Drone40s. Drone ini diluncurkan pertama kali ke publik pada 2019 oleh DefendTex, perusahaan asal Australia yang bergerak di sektor teknologi pertahanan dan militer.

Ukuran Drone40s kecil, panjangnya cuma 12 cm dengan berat 300 gram. Senjata yang dipakai sebagai Intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) ini, menggunakan kamera pengintai. Bisa disisipkan granat dengan daya ledak tinggi.

Baca:  Bebas dari Penjara, Begini Aktifitas Ustadz Abu Bakar Ba’asyir

Sayangnya, baterai Drone40s berkapasitas kecil, hanya dapat terbang 30 – 60 menit, tergantung jenis muatan yang dibawa. Meski demikian, Drone 40s mampu terbang dengan kecepatan 72 km/jam.

Muatan Drone40s bisa diganti-ganti. Tidak hanya granat berdaya rendah dan tinggi, Drone40s juga bisa membawa granat asap hingga, alat pengacau jaringan elektronik.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, mirip dengan drone pada umumnya yang dapat dikendalikan dari gawai. Drone40s dapat dioperasikan oleh satu orang prajurit. Ada dua metode penggunaananya, bisa dengan tangan atau bisa menggunakan senapan pelontar. Misalnya senapan pelontar Heckler & Koch AG36 atau M203.

Baca:  Drone untuk Pengawasan Pipa Minyak dan Tambang Minyak Ilegal

Setelah Drone40s ditembakkan dengan senapan, maka baling-baling drone akan bergerak dengan otomatis. Setelah itu, penggunanya bisa mengendalikan drone hingga jarak 10 km.

Menariknya, satu orang prajurit bisa mengendalikan beberapa Drone40s secara bersamaan. Keunggulan drone ini dapat dimanfaatkan untuk menyerang satu target dari beberapa arah. Satu lagi keunggulan Drone40s yang diklaim DefendTex, haganya murah.
(tup/red)

Berita Sains & Teknologi : Ini Drone Penghancur, Dipakai Tentara Inggris di Mali, ElangNews.com.