Foto Bulan Hasil Jepretan Galaxy S21 Ultra bukan Manipulasi
Sebelah kiri (A) hasil jepretan Galaxy S21 Ultra dan sebelan kanan (B) hasil jepretan kamera mirrorless 42 MP Sony A7R Mark III yang dipasangi lensa super telephoto 600 mm. (Sumber: inputmag.com)

Elangnews.com – Banyak kalangan yang menyangsikan kemampuan kamera telepon seluler , menangkap gambar bulan secara jelas. Tidak sedikit juga yang menilai, foto bulan hasil jepretan Galaxy S21 Ultra, hanya manipulasi saja. Gambar bulan yang ditangkap Galaxy S21 Ultra, dituding hanyalah penggabungan antara tangkapan kamera dengan foto bulan yang sudah ada sebelumnya.

Pihak Samsung menegaskan bahwa Galaxy S21 Ultra memiliki kemampuan memotret bulan dengan jelas. Galaxy S21 Ultra dapat menyesuaikan tingkat exposure cahaya, “Kamera menggunakan algoritma deep AI untuk meningkatkan detil dan merestorasi tekstur. Jadi, tidak ada penggantian foto yang dilakukan,” demikian keterangan resmi Samsung.

Secara spesifikasi, kamera Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi 108 megapiksel (MP) dan dibekali dengan dua kamera telefoto 10 MP. Masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x. Kamera Galaxy S21 Ultra juga memiliki fitur kamera 100x space zoom. Karena fitur inilah, pengguna bisa menghasilkan foto yang jernih saat memotret bulan.

coba menguji kemampuan kamera Galaxy S21 Ultra. Mereka membandingkan foto bulan hasil tangkapan Galaxy S21 Ultra dan kamera mirrorless 42 MP Sony A7R Mark III yang dipasangi lensa super telephoto 600 mm.

Dari uji coba itu, pihak Input Mag menemukan bahwa foto hasil jepretan Galaxy S21 Ultra, lebih baik dibandikan kamera . Padahal harga Sony A7R III tiga kali lipat lebih mahal dari harga Galaxy S21 Ultra. Saat ini harga Galaxy S21 Ultra berkisar Rp20 juta.

Dari sisi ketajaman, kamera mirrorless Sony A7R III dengan lensa zoom 600mm juga kalah dibandingkan Galaxy S21 Ultra. Itu artinya, foto bulan yang ditangkap kamera Galaxy S21 Ultra, kemungkinan besar asli.
(tup/red)