Sandi Tegaskan Danau Toba Jangan Kalah dengan Bali
Menparekraf dan Gubernur Sumut . (Foto: Instagram)

Elangnews.com, Medan – , Sumatra Utara, terus digenjot pembangunannya. Tidah hanya fokus pada pariwisatanya tetapi juga kepada sektor pendukung yaitu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menteri dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu (27/3/2021), mengunjungi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, membahas pariwisata dan UMKM.

“Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi ini diharap mampu mempercepat pengembangan destinasi-destinasi di Sumatera Utara terutama Danau Toba sebagai bagian dari destinasi super prioritas dan juga Desa Wisata yang diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” kata Sandi.

Baca Juga:   Karena Gubernur Edy Rahmayadi Naikkan Pajak, Harga BBM di Sumut Meledak

Di sektor ekonomi kreatif, Sandi mendorong agar para pelaku ekraf di Sumatera Utara mampu beradaptasi dengan teknologi dan digital, mulai dari pemasaran hingga pembayarannya.

“Saat ini di Indonesia sudah ada 4,1 juta UMKM yang telah onboarding digital,” kata sandi.

Jumlah ini, sambung Sandi, dua kali lipat dari target semula yakni 2 juta UMKM. “Kami akan terus pastikan bahwa jumlahnya ini dapat terus meningkat,” ujarnya.

Baca Juga:   Tiket Masuk Rp100 Ribu, Kunjungan Wisatawan Dufan Membludak

Sebelumnya, sandi juga melepas 30 siswa-siswi di kawasan Danau Toba untuk belajar dan magang di Politeknik Pariwisata .

“Pendidikan adalah hal yang sangat-sangat penting. Oleh karena itu sampaikan kepada orang tua, kepergian kalian delapan bulan untuk menuntut ilmu di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali nantinya akan berkontribusi bukan hanya pada kemajuan pariwisata di Danau Toba tetapi juga pada ekonomi keluarga,” paparnya.

“Harapan saya nanti Danau Toba bisa seperti Bali yang pelayanannya sudah berstandar internasional,” tambahnya. (Yat/Red)