Ridwan Kamil Cek Apartemen Ayam di Kabupaten Bandung, Apa Itu?
Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Apertemen Ayang Potong di Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Instagram)

Elangnews.com, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempopulerkan istialah Apartemen Ayang Potong. Untuk pertama kalinya proyek ini dibangun di Kabupaten Bandung.

“Minggu pagi ini mengecek apartemen ayam potong di Kab Bandung,” kata Kang Emil, demikian ia kerap disapa dalam akun pribadinya, Minggu (7/3/2021).

Apartemen ayam potong, lanjut Emil, bagian dari program Petani Milenial 4.0 untuk genre Peternak. Lahan kecil 100 meter untuk 5.000 ayam potong dengan struktur 5 lantai. “Modal Rp148 juta, per bulan penghasilan Rp10-20 juta,” ujarnya.

Makanan, minuman dan kotoran, kata Emil, semua serba mekanis yang dikontrol via telepon genggam dengan internet of things (IOT). “Sesuai semangat jaman baru yang harus melek teknologi,” ujarnya.

Rencananya, pekan depan akan diumumkan siapa saja yang lolos program Petani Milenial 4.0. Banyak sekali yang mendaftar tapi dari luar Jawa Barat dan juga tidak memenuhi syarat. Sudah sekitar 4.000-an sehingga belum bisa kami terima.

“Insa Allah kita promosikan di provinsi-provinsi lain dengan konsep yang sama. Tinggal di desa, rejeki kota, bisnis mendunia,” ujar Emil berpromosi.

Sambutan netizen cukup antusias tidak hanya dari Jawa Barat tetapi juga dari luar daerah. “Keren. Sekiranya Bapak berkenan untuk share tentang cara pembuatannya agar bisa diterapkan di luar daerah Jabar, biar sama-sama maju Pak. Warga Jabar juga dapat berkah dan pahala,” ujar netizen.

“Di sisi demand-nya aman gak Kang? Mengingat harga ayam dan telor fluktuatif,” timpal yang lainnya. (Yat/Red)