Isnawa Adji Tinjau Lokasi di Kecamatan Pesanggrahan (Foto Istimewa)
Tinjau Lokasi di Kecamatan Pesanggrahan (Foto Istimewa)

Elangnews.com, Jakarta menjadi daerah yang cukup parah di musim hujan tahun ini. Termasuk di wilayah Kecamatan Pesanggrahan.

Rombongan juga meninjau potensi ekonomi masyarakat yang tengah dikembangkan. Pada Minggu (28/2/2021), sejumlah lokasi ditinjau langsung Pelaksana Tugas Isnawa Adji untuk melihat kondisi yang terjadi dan kemungkinan untuk mengantisipasinya bila hujan atau bencana terulang.

Wilayah yang ditinjau dimulai dari Danau Cavalio. Dalam kunjungan tersebut disaksikan Camat Pesanggrahan Muh Fadjar Churniawan, para lurah, FKDM, LMK, RT, RW, Babinmas dan Babinsa termasuk melihat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro.

Rombongan kemudian meninjau Pusat Recycle Centre dengan mengoptimalkan Black Soldier Fly, atau teknologi pengurangan sampah secara organik dengan larva/maggot. Isnawa berharap ke depan Jakarta Selatan punya pusat-pusat pengurangan sampah. Salah satu yang baik adalah yang organik.

Baca Juga:   Curhat Atta Halilintar, Rumah Terendam Banjir

“Dimana bekas-bekas sayur, buah-buahan, dan lain itu, daripada dibuang sembarangan bisa kita olah menjadi pupuk cair. Bisa juga menjadi pakan ternak. Ini sangat bagus karena kandungan protein sangat tinggi,” kata Isnawa dalam rilisnya kepada Elangnews.com, Senin (1/3/2021).

Isnawa menerangkan, recycle centre di tempat tersebut bisa mengolah sekitar 500 ton sampah organik. Ia pun berharap, tempat tersebut dapat menjadi pusat pengoptimalan sampah se-Kecamatan Pesanggrahan, sehingga ke depan tidak semua sampah dibuang ke Bantar Gebang.

Baca Juga:   Walikota Plt Jakarta Selatan Tinjau Korban Banjir Hingga Bangun Dapur Umum

Lokasi terakhir yang ditinjau yaitu kawasan IKPN, untuk memastikan bahwa koordinasi yang tepat dan cepat dalam menghadapi bencana yakni genangan banjir. Langkah nyata untuk pencegahan pun terlihat dengan dibuatnya bronjong di tepian sungai.

Isnawa juga menyatakan tengah mencari lahan untuk penambahan pompa stasioner. Dengan pompa ini diharapkan ada pengurangan genangan air yang ada di IKPN.

Isnawa Adji ditunjuk Gubernur sebagai Plt. Wali Kota Jakarta Selatan. Sebelumnya jabatan itu dipegang Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali selama 18 hari. (in/red)