Musda Hipmi Jaya Digelar 25 Maret, Tiga Kandidat Bersaing Ketat
Ilustrasi:

Elangnews.com, Jakarta – Musyawarah Daerah (Musda) ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya yang salah satu agendanya memilih ketua umum akan digelar 25 Maret 2021. Rencananya Musda akan digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 terpaksa diundur.

Tiga kandidat akan bersaing ketat dalam pemilihan orang nomor satu di BPD Hipmi Jaya. Mereka berdasarkan nomor pengundian calon adalah Andi Indra Hardiansyah Rukman, Noor Sona Maesana Mushonnif dan M. .

1. Andi Indra Hardiansyah Rukman

Musda Hipmi Jaya Digelar 25 Maret, Tiga Kandidat Bersaing Ketat

Indra dikenal sebagai pengusaha muda yang lahir di Jayapura, 30 tahun lalu. Ia seorang organisatoris yang mulai bergabung di Hipmi dan menduduki berbagai jabatan sejak tahun 2013.

Selain itu, Indra juga pernah menjabat sebagai pengurus di Kadin dan AMPI. Sukses menjalankan 6 perusahaan yang dimilikinya, Indra menilai pentingnya kekeluargaan dan menegakkan tradisi dalam menjalankan suatu organisasi.

Karena itu, pria yang terlahir dengan nama Andi Indra H. Rukman ini, bertekad memberikan kontribusi untuk kemajuan Hipmi Jaya, dan menjadikan Hipmi Jaya sebagai rumah dimana semua anggota bisa berkembang bersama.

Indra kemudian memutuskan untuk mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Himpi Jaya. Komitmen Indra terhadap kemajuan Hipmi sudah terbukti melalui perannya sebagai Ketua Umum BPC Hipmi Jakpus.

Untuk pencalonannya, Indra menawarkan Panca Indra sebagai kunci jawaban untuk menghadapi revousi industri. Jaya Edu, Jaya Law, Jaya Connect, Jaya Finance dan Jaya Opportunity, merupakan 5 program andalan yang saling berkaitan dan diharapkan dapat meng-akselerasi bisnis seluruh anggota Hipmi Jaya. Sebagai kemudahan untuk mengakses kelima program tersebut, Indra mengajukan satu platform yang diberi nama Jayapedia.

Melalui Jayapedia, anggota Hipmi Jaya dapat mengakses wadah inkubasi untuk anggota Hipmi perguruan tinggi, program optimalisasi industri kreatif dan digital, permodalan melalui sistem crowdfunding, pengadaan arena pemasaran produk, pengadaan produk dan area usaha, serta akses informasi dan notifikasi terkait tender dari BUMN, BUMD, swasta atau sesama anggota Hipmi Jaya.

Baca Juga:   Pengurus Hipmi Jaya Bertemu Anies Jelang Musda

2. Noor Sona Maesana Mushonnif

Musda Hipmi Jaya Digelar 25 Maret, Tiga Kandidat Bersaing Ketat

Sona Maesana dikenal sebagai seorang pengusaha muda yang mendedikasikan dirinya untuk pengembangan ekosistem kewirausahaan di Indonesia melalui Hipmi. Pertama kali bergabung tahun 2011 dan melewati 10 tahun sebagai anggota, pengurus, serta Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Selatan.

Mengemban gelar S1 dari Prasetya Mulya dan S2 International Business dari Coventry University dengan predikat kelulusan terbaik adalah bukti keseriusan Sona dalam pendidikan serta pembekalan di dunia bisnis.

Sona saat ini sedang menjalankan beberapa perusahaan di bawah naungan Satria Group, PT Satria Akasa Investama, The Sunan Hotel Solo, PT Chasindo Karunia Abadi, dan yang menarik adalah bisnis-bisnis yang lahir dari kolaborasi dengan sesama anggota Hipmi Jaya, di antaranya Satria Wirabima Jaya, Delutionland, Seabat Cafe, Rasa Agri, Satriafood dan Anaia.

Di tengah krisis pandemi yang terjadi saat ini, Sona melihat kebutuhan utama dari pengusaha muda di Jakarta adalah pertama bisa survive, dan kemudian bangkit lalu berakselerasi.

Empat pilar program yang akan dibangun dalam kepengurusan 2021 – 2024 adalah langkah konkret yang terfokus kepada anggota untuk bisa mendapatkan akselerasi di bidang 1.) Upgrade skill pengembangan diri & bisnis melalui Jaya Academy, 2.) Akses keuangan dari Fintech, Bank, VC, & PE melalui JayaCapital, 3.) Akses Project & Market ke Pemerintah: Kementerian, BUMN, BUMD, & export melalui JayaNetwork, dan 4.) Akses kolaborasi sesama anggota HIPMI jaya melalui JayaCollab.

Keempat pilar ini akan diwadahi oleh Jaya Connect+ yang lebih accesible untuk semua pihak.

Baca Juga:   Pengurus Hipmi Jaya Bertemu Anies Jelang Musda

3. M. Alipudin

Musda Hipmi Jaya Digelar 25 Maret, Tiga Kandidat Bersaing Ketat

Nama lengkapnya Muhamad Alipudin adalah sosok pengusaha muda nasional yang lahir dan besar di Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Atas dorongan para anggota yang ingin sama-sama berjuang untuk semakin membesarkan Hipmi Jaya, dengan penuh optimisme Alipudin memutuskan untuk maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Hipmi Jaya periode 2020-2023.

Ia mendapat panggilan jiwa sebagai seorang kader Hipmi untuk turut serta memberikan kontribusi terbaik terhadap organisasi yang membesarkan dirinya.

Alipudin dikenal sebagai seorang yang aktif di berbagai organisasi sejak muda, seperti HMI dan anggota Kongres Mahasiswa Universitas Trisakti ini pernah dipercaya sebagai Fungsionaris Bidang Organisasi BPP Hipmi. Ia pun berperan aktif sebagai pengurus di Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia, KAHMI Trisakti, GEMA Mathlaul Anwar, serta Pengurus Nasional Karang Taruna.

Berkomitmen untuk bekerja membesarkan Hipmi Jaya dengan hati. Visi besarnya adalah menjadikan Hipmi Jaya yang maju, kuat, modern, dan bahagia anggotanya.

Alipudin memiliki 6 misi, yaitu membangun kemitraan strategis dunia usaha dengan pemerintah, khususnya di DKI Jakarta, mendorong dana abadi untuk kemandirian organisasi, mendorong pemanfaatan digitalisasi dalam Hipmi Jaya, membuat pelatihan dan kaderisasi untuk anggota Hipmi Jaya, mendorong Hipmi Jaya untuk aktif dalam pergaulan lintas organisasi serta mendorong pemberdayaan kader perempuan untuk turut aktif dalam membangun organisasi.

Alipudin ingin mendorong para anggota Hipmi Jaya yang sebagian besar bergerak di sektor UMKM untuk semakin naik kelas dengan menjadi mitra strategis pemerintah. Untuk itu ia menyiapkan beberapa program kerja, antaranya Jaya Sinergi, Jaya Mandiri, Jaya Digitalisasi, Jaya Produktif, Jaya Komunikatif, dan Jaya Setara. (Yat/Red)