Hubungan Spesial Jakarta-Moskow, Ada Patung Yuri Gagarin di Jakarta
dan Duta Besar Lyudmila G. Vorobyova. (Foto: Pemprov DKI)

Elangnews.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, kemarin mendapat kunjungan spesial Duta Besar Rusia Lyudmila G. Vorobyova. Apa yang dibicarakan?

“Sejak awal berdirinya Republik Indonesia, para bapak bangsa kita telah menjalin hubungan erat dengan Rusia (Uni Soviet pada waktu itu). Persahabatan kita ditandai dengan pertukaran pelajar sejak tahun 1950-an,” tulis dalam akun pribadinya yang dikutip Elangnews.com, Kamis (11/3/2021).

“Buah dari persahabatan ini kita rasakan sampai sekarang,” tambah Anies.

Menurut Anies, ketika Indonesia mulai menghadapi pandemi Covid-19 setahun yang lalu, salah satu rumah sakit yang pertama melayani pasien rujukan Covid-19 adalah RS Persahabatan.

Baca Juga:   [Video Animasi] Museum Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam Jakarta

“Nama lengkapnya RS Persahabatan Indonesia-Rusia, yang dibangun hasil kerja sama dengan Uni Soviet pada 1961-1963,” kata Anies.

Hubungan Spesial Jakarta-Moskow, Ada Patung Yuri Gagarin di Jakarta

Dalam rangka memperingati ke-70 hubungan bilateral Indonesia – Rusia, sekaligus persahabatan kota Jakarta – Moskow, Pemerintah Federasi Rusia mempersembahkan patung . Patung kosmonot pertama yang berhasil ke luar angkasa pada tahun 1961 dengan menunggangi wahana penjelajah Vostok berdiri tegak menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Kami menyambut baik momen perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dan kerja sama Sister City Jakarta-Moskow yang terjalin sejak 2006,” ujar Anies.

“Apresiasi kepada semua yang terlibat menghadirkan Yuri Gagarin di Jakarta, dari Pemerintah Federasi Rusia, Kedutaan Besar Federasi Rusia, Kementerian Luar Negeri RI dan Pemprov DKI Jakarta,” kata Anies.

Baca Juga:   Setelah Terbakar, Gubernur Anies Bangun Kembali Kampung Kwitang

Patung tersebut, kata Anies menjadi sebuah kehormatan bagi kota Jakarta. Semoga kehadiran patung Yuri Gagarin juga bisa menginspirasi anak-anak di Jakarta dan Indonesia untuk menggapai cita-citanya setinggi mungkin,” harapnya.

Dikatakan Anies, Jakarta akan terus terlibat dalam kancah dunia, menjalin persahabatan dengan bangsa mana pun. “Semoga persahabatan antara Rusia-Indonesia telah dijalin sejak masa Presiden Soekarno menjabat, makin erat dan membuka peluang kerja-kerja bersama baru ke depan antar kedua bangsa,” ujarnya. (Yat/red)