Anak Muda Jakarta Tak Puas dengan Kinerja Jokowi
Ilustrasi: Elangnews.com/Suray

Elangnews.com, Jakarta – Berimbang dengan opini publik, mayoritas anak muda puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo. Justru, kepuasan terendah ditunjukkan oleh anak-anak muda di DKI Jakarta.

“Hal ini patut menjadi perhatian mengapa justru di ibukota kepercayaan anak muda paling rendah kepada presiden,” kata Direktur Eksekutif Burhanudin Muhtadi dalam paparan survei secara daring di Jakarta, Minggu (21/3/2021).

Sebenarnya, kata Burhanudin, mayoritas atau sekira 65,4 persen anak muda merasa sangat/cukup puas dengan dengan kerja Presiden . Kepuasan ini relatif berimbang dengan opini publik pada survei Februari lalu.

Baca Juga:   Jokowi Bentuk Satgas BLBI, Apa Itu?

“Mayoritas anak muda pada berbagai kategori sosio-demografi puas pada kinerja Presiden. Namun, anak muda di DKI mayoritas tidak puas (61,7). Sementara kepuasan berimbang pada anak muda di Sulawesi, etnis Minang, dan berpendidikan SD ke bawah,” kata Burhanudin.

Temuan lainnya anak muda juga dalam pilihan lebih banyak pada Gerindra dan PDIP, kemudian Golkar, , dan Demokrat. “Partai Gerindra di pamuncak dengan perolehan suara 16,0 persen. Menyusul berikutnya PDI Perjuangan (14,2), Golkar (5,7), PKS (5,7), Demokrat (5,3), Nasdem (2,8) dan PKB (2,7),” ujar Burhanudin.

Baca Juga:   Jokowi Bikin Kementerian Investasi, PRIMA: Rezim Pelayan Investasi

Anak Muda Jakarta Tak Puas dengan Kinerja Jokowi

Sementara lembaga negara yang dipercaya kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terdegradasi. Anak muda paling tinggi kepercayaannya kepada TNI, kemudian Presiden, Polri dan menyusul KPK.

“Sebagaimana survei opini publik, anak muda juga paling rendah kepercayaannya kepada partai politik,” ujar Burhanudin.

“Temuan ini menjadi pengingat bagi partai-partai politik agar bekerja untuk meningkatkan kepercayaan warga, khususnya anak muda, kepada mereka,” tambahnya.

Survei dilakukan dalam rentang Maret 2018 hingga Maret 2020 dengan melibatkan 1.200 responden usia 17-21 tahun di seluruh Indonesia. (Yat/Red)