wapres
Wapres Ma’ruf Amin meninjau pembangunan di Kabupaten Pringsewu, Provinsi dengan nilai proyek hampir mencapai Rp2 triliun. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay).

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Lampung untuk meninjau massal dan pembangunan Bendungan Way Sekampung, Senin (22/3/2021).

Nampak, Wapres didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Menggunakan pesawat Kepresidenan dengan nomor BAe RJ 85, Wapres dan rombongan tiba di Bandar Udara Radin Inten II pukul 07.40 WIB.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyambut Wapres Ma’ruf Amin dan langsung menuju Balai Kota Gubernur Lampung untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal.

Kemudian, Wapres dan rombongan bergerak menuju Kabupaten Pringsewu meninjau proses pembangunan Bendungan Way Sekampung dimana pengerjaannya sudah mencapai 90 persen dan diperkirakan selesai pada bulan Juli 2021.

Baca Juga:   Gatotkaca yang Perkasa Ternyata Divaksin Juga

Diketahui, Bendungan Way Sekampung yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai anggaran fantastis itu mampu menampung 68 juta meter kubik per detik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi seluas 55,373 hektare.

Selain itu, air irigasi juga untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektare.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pembiayaan pembangunan Bendungan Way Sekampung terbagi menjadi 4 paket yaitu paket 1 dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp923 miliar.

Baca Juga:   Anies Baswedan Sediakan 5.200 Dosis untuk Wartawan Jabodetabek

Paket 2 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan kontrak sebesar Rp863,8 miliar. Sedangkan untuk paket 3 dikerjakan PT PP (Persero) Tbk dan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp152,8 miliar, serta paket 4 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp135 miliar.

Menurut laman Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) total nilai kontrak pembangunan Bendungan Way Sekampung diperkirakan sebesar Rp2 triliun. (trd/red)