wapres
Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Pertimbangan MUI dalam Rapat Pimpinan Dewan Pertimbangan MUI yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (29/03/2021). Foto: wapresri.go.id

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengatakan penanganan   tidak dapat dilakukan secara sektoral ataupun dengan cara biasa. Diperlukan inovasi secara kolaboratif dari seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya di acara Penganugerahan Merdeka Award 2021 secara virtual dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Jumat (02/04/2021).

“Kita butuh inovasi dan terobosan baru yang dilakukan secara kolaboratif oleh berbagai pihak, termasuk unsur akademisi, organisasi dan tokoh masyarakat, badan usaha, media dan insan pers, serta berbagai elemen masyarakat,” tegas Wakil Presiden

Baca Juga:   Permenhub Larangan Mudik Berdampak pada Penerbangan

Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa upaya-upaya kolaboratif untuk mengatasi pandemi Covid-19 dalam bentuk pemanfaatan teknologi digital bermunculan di berbagai wilayah di Indonesia.

Hal itu terbukti mampu beradaptasi dengan memanfaatkan aktivitas ekonomi, pendidikan, dan sosial secara virtual.

“Hal ini tercermin dari statistik pertumbuhan sektor informatika dan komunikasi yang tetap konsisten bertumbuh dua digit, sebesar 10,83% pada kuartal II dan 10,61% pada kuartal III tahun 2020 (BPS, 2020),” ungkap Wapres.

Baca Juga:   Impor Beras Musim Panen Raya, Pemerintah Raja Tega?

Kemudian Wapres juga menjelaskan, muncul tantangan baru terkait kesiapan infrastruktur dan ekosistem digital, serta sumber daya manusia (SDM) untuk memanfaatkan peluang dari transformasi digital tersebut.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, Pemerintah Indonesia saat ini sedang mengupayakan agar pemenuhan infrastruktur telekomunikasi di seluruh 83.218 desa/kelurahan di Indonesia dapat terselesaikan pada akhir 2022,” terangnya. (trd/red)