wapres
Pidato Ma’ruf Amin pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021, melalui tayangan video, Kamis (4/3/2021). Foto: indoposco.id

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Diketahui berdasarkan laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Republik Indonesia (Kemenpan RB) bahwa penyederhanaan jabatan struktural yang dilakukan kementerian dan lembaga, sudah mencapai 90 persen pada Februari 2021.

Penyederhanaan birokrasi tersebut meliputi di tingkat Pusat telah dilakukan penyederhanaan birokrasi pada 76 Kementerian dan Lembaga, kemudian 39.291 jabatan setingkat eselon III dan eselon IV sudah dialihkan ke jabatan fungsional, dan 42 jabatan fungsional baru.

Namun demikian, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin tetap menyampaikan permintaannya kepada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah agar sebelum Juni 2021 sudah menuntaskan penyederhanaan atau reformasi birokrasi.

Baca Juga:   Wapres Tekankan Pentingnya Inovasi dan Kolaborasi Hadapi Pandemi

menyampaikan hal tersebut kepada peserta Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 melalui tayangan virtual, pada Kamis (4/3).

“Saya minta agar semua kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang belum melaksanakan atau belum selesai agar segera menuntaskan proses penyederhanaan birokrasi sesuai arahan Presiden sebelum akhir Juni tahun ini,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Baca Juga:   Wapres Apresiasi Kiprah UI Sebagai Perguruan Tinggi Pencetak SDM Unggul

Selain itu, Wapres juga mengingatkan kembali bahwa, “Saya juga mendapat laporan, bahwa pengalihan jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah, belum dilakukan secara optimal,” ungkap Wapres.

Meski reformasi birokrasi merupakan agenda penting Kabinet Indonesia Maju, Ma’ruf Amin menginginkan agar tetap mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, kecermatan, objektivitas, keadilan, dan transparansi.

Ma’ruf Amin juga menambahkan, “Pelaksanaannya menekankan tiga aspek yang meliputi transformasi organisasi, transformasi manajemen kerja, dan transformasi jabatan,” ungkap Wapres. (trd/red)