prabowo
Menteri Pertahanan Republik Indonesia . (Foto: kemhan.go.id)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Belum ada satu pun tokoh yang meyakinkan dalam , termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hal itu tergambar jelas berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Kamis (1/4/2021) secara daring.

Sirojudin Abbas Direktur Eksekutif SMRC mengatakan, Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, baru mendapat dukungan spontan sebanyak 13,4 persen responden pada survei Maret 2021.

Jika menengok ke masa lalu, dibandingkan dengan perolehan pada tiga tahun menjelang Pilpres 2019 sebesar 30 persen maka, elektabilitas Prabowo ini masih sangat jauh.

Baca Juga:   Survei ini Sebut Prabowo Paling Layak Ganti Jokowi

“Belum ada alternatif yang meyakinkan sejauh ini. Prabowo pada survei Maret 2021 ini baru mendapat dukungan spontan hanya 13,4 persen,” ungkap Sirojudin.

Elektabilitas Prabowo pada tiga tahun menjelang Pilpres 2024, menurut Sirojudin, kurang lebih sama saat sebelum Pilpres 2019, rata-rata sekitar 11 persen.

Sirojudin kemudian mengatakan, hal itu mengindikasikan peluang Prabowo di Pemilihan Presiden tahun 2024, tidak lebih baik dari Pemilu 2019.

Baca Juga:   Pernikahan Atta Halilintar, Fahri Hamzah: Orang Tak Persoalkan Kondangan tapi Permasalahkan Keadilan

Meski demikian, Sirojudin mengungkapkan bahwa Prabowo masih unggul dalam top of mind pertanyaan kepada responden terkait calon presiden. Prabowo mampu meraup 20 persen.

Sedangkan 11,2 persen, 8,8 persen, Sandiaga Uno 5 persen, AHY 3,5 persen, sedangkan Menteri Sosial Tri Rismaharini hanya mampu meraup 3,1 persen.

Adapun, ini dilakukan pada periode 28 Februari sampai 8 Maret 2021 dengan responden sebanyak 1.064 orang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. (trd/red)