Menkominfo
() . (Foto: .go.id)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan apresiasinya kepada Dewan Perwakilan Daerah () atas upaya pembahasan perubahan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Terkait pelayanan publik di Indonesia yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, kata Menkominfo, Pemerintah juga telah menyiapkan roadmap atau Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024.

Hal itu disampaikan Menteri Johnny dalam Rapat Pembahasan Revisi UU Pelayanan Publik dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang berlangsung secara daring di Jakarta, Rabu (24/03/2021).

“Era disrupsi teknologi digital yang terjadi saat ini mendorong kita untuk terus melakukan peningkatan kualitas kinerja, termasuk dalam sektor pelayanan publik,” ujar Johnny.

Baca Juga:   Aplikasi Clubhouse masih IIegal di Indonesia

Pada kesempatan itu, Menteri Johnny juga menyampaikan, Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melakukan percepatan transformasi digital.

“Bapak Presiden telah memberikan 5 Arahan Percepatan Transformasi Digital yang disampaikan oleh pada 3 Agustus 2020 lalu,” pungkasnya.

Kemudian Menkominfo merinci arahan itu yaitu upaya mempercepat perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital, dan penyediaan layanan internet; mempersiapkan roadmap transfomasi digital di sektor-sektor strategis; mempercepat integrasi Pusat Data Nasonal; menyiapkan talenta digital; dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)/regulasi, skema-skema  pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

Baca Juga:   Jangan Unggah Sertifikat Vaksinasi ke Media Sosial, Kenapa?

“Sebagai bagian dari tindaklanjut atas arahan tersebut, kami telah menyelesaikan penyusunan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024. Peta jalan ini mencakup 4 Pelaksanaan Kebijakan Transformasi Digital,” terang Menteri Johnny.

Menkominfo kemudian menjelaskan secara garis besar, mengenai pelaksanaan transformasi digital di 4 sektor utama, yaitu: (1) infrastruktur digital; (2) pemerintahan digital; (3) ekonomi digital; dan (4) masyarakat digital.

“Saat ini, kami sedang menunggu arahan lanjutan dari Bapak Presiden mengenai implementasi atas Peta Jalan Indonesia Digital tersebut,” tandasnya. (trd/red)