corona
Ilustrasi gambar: Elangnews.com/Suray

ELANGNEWS.COM, Jakarta – “ itu enggak ada yang selesai setahun, pasti lima tahun, sepuluh tahun, secara ilmiah begitu,” demikian pernyataan Sadikin.

Hal itu disampaikan Menkes dalam diskusi Kagama Universitas Gajah Mada (UGM) dengan mengambil tema “Aku Siap Divaksin” yang digelar secara virtual, Minggu, 14 Maret 2021.

Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa berdasarkan kajian ilmiah, tidak ada pandemi dan epidemi global yang selesai dalam waktu setahun. Itu juga termasuk pandemi .

Baca Juga:   BPJS Kesehatan Didorong Responsif di Masa Pandemi, ORI Buka Layanan RCO

Adapun tentang strategi mengurangi laju penularan, Menteri Budi Gunadi menjabarkan empat rekomendasi dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Empat strategi tersebut yaitu, menerapkan , strategi surveilans, , dan terakhir strategi perawatan dimana ketersediaan rumah sakit menjadi perhatiannya.

Mantan Direktur Utama PT Inalum itu juga menjelaskan pengertian strategi surveilans yaitu mendeteksi siapa yang terinfeksi, kemudian menelusuri lagi siapa yang telah tertular, lalu diisolasi. Upaya ini dilakukan pemerintah dengan menerapkan strategi 3T, yakni testingtracing, dan treatment.

Baca Juga:   Dewan Pers Sebut Sudah 5.512 Wartawan Divaksinasi

“Jadi, nomor satu, tolong taati protokol kesehatan. itu nomor tiga. Empat strategi ini harus dijalankan bersamaan,” jelas Budi.

Meskipun sudah berjalan, Budi Gunadi mengingatkan, bahwa kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan sangatlah penting, karena semakin rendah laju penularan, semakin berkurang beban fasilitas kesehatan, dengan begitu angka kematian juga dapat ditekan. (trd/red)