Nadiem
Menteri dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim. (Foto: kaltimtoday.co)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Pada bulan Juli 2021 mendatang, tepat pada tahun ajaran baru, diperkirakan semua sudah dibuka untuk melakukan kegiatan pembelajaran .

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah acara diskusi bertajuk “Mendedar Kuota Belajar” secara daring di Jakarta, Rabu (3/3).

“Target kami hingga akhir Juni, vaksinasi bagi lima juta pendidik dan tenaga pendidik selesai, sehingga pada tahun ajaran baru 2021/2022 atau pada minggu kedua dan ketiga Juli pembelajaran dapat dilakukan secara tatap muka,” papar Nadiem.

Baca Juga:   Demokrat Sebut Kebijakan Pemerintah Tak Efektif Tekan Penyebaran Covid-19

Meski demikian, kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Untuk memastikan siswa bisa menjaga jarak dan mengantisipasi kerumunan, maka akan diberlakukan sistem rotasi. Artinya, sekitar 50 persen siswa akan masuk ke sekolah dan sisanya melakukan pembelajaran daring secara bergantian.

Lebih lanjut, juga menjelaskan perlunya fleksibilitas untuk pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sehingga dengan adanya dana BOS itu dapat digunakan untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka.

Baca Juga:   Dewan Beras Nasional: Kalau Dipaksakan Impor, Itu Subversif

“Jadi dana BOS bisa digunakan untuk memenuhi daftar periksa pembelajaran tatap muka. Sekarang harus sudah dimulai, ketika vaksinasi sudah bergulir pasti sekolah didorong untuk membuka sekolah,” ujar Nadiem.

Target Menteri Nadiem tersebut, senada dengan Presiden beberapa waktu yang lalu usai memberikan keterangan pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada 24 Februari 2021. (trd/red)