satgas
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Prof. . (Foto: covid19.go.id)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan tidak mudah bagi pemerintah untuk membuat kebijakan yang melarang masyarakat melakukan perjalanan ke kampung halaman pada perayaan .

“Keputusan mengeluarkan kebijakan larangan bukan keputusan yang mudah. Terlebih mengingat ini momentum kedua yang kita lewati di tengah pandemic,” ujar Wiku dalam keterangan pers secara daring di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga:   Mudik Dilarang, Polri Terjunkan 166 Ribu Personel di 333 Titik Penyekatan

Demi kebaikan bersama, kata Wiku, pemerintah harus mengambil keputusan dengan tegas berdasarkan pertimbangan semua risiko jangka panjang.

“Satgas berharap masyarakat dapat menaati keputusan agar Indonesia bisa segera bebas dari pandemi dan masyarakat dapat segera berkumpul dengan keluarga di perayaan besar lain,” kata Wiku.

Seperti diberitakan sebelumnya, larangan tahun 2021 berlaku mulai tanggal 6-17 Mei bagi seluruh masyarakat termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS), TNI/, karyawan BUMN, dan karyawan swasta.

Baca Juga:   Doni Monardo: Saya Ulangi, Dilarang Mudik Lebaran!

“Kebijakan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 seperti terjadi pada beberapa masa libur panjang, termasuk libur Natal dan Tahun Baru 2020,” pungkas Wiku menutup keterang persnya. (trd/red)