nurdin abdullah
Ketua Komisi Pemberantasan (tengah) saat menggelar Konferensi Pers Operasi Tangkap Tangan (OTT) Gubernur Sulawesi Selatan di Gedung pada Minggu (28/2) dini hari. (Foto: dokumentasi elangnews.com)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Pada kesempatan itu, Firli menyampaikan sebanyak 1.362 pegawai KPK dipastikan akan berubah status menjadi . Sementara saat ini sudah ada 1.031 yang berproses, dan sisanya sebanyak 381 orang yang belum mengikuti ujian.

Baca Juga:   Nurdin Abdullah OTT, Bung Hatta Award Tunggu Hasil Pemeriksaan KPK

“Insya Allah pegawai KPK akan beralih menjadi ASN dan dilantik pada 1 Juni 2021 dengan semangat hari lahirnya Pancasila,” ujar firli dihadapan pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI.

Terkait asesmen pegawai KPK sebagai salah satu syarat alih status ASN, KPK melakukan persiapan pelaksanaan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Asesmen bagi pegawai KPK akan dilaksanakan mulai bulan Maret hingga April 2021. Jika ada yang berhalangan karena sakit atau tugas ke luar kota, akan disiapkan tanggal 16 Maret.

Baca Juga:   Polisi Didesak PKS Usut Tuntas Penyekap Jurnalis Tempo

“Materi asesmen kebangsaan itu bukan hapalan tapi mengungkapkan perilaku, misalnya pertanyaan sistem negara berdasarkan Pancasila diubah berdasarkan agama, apakah setuju atau tidak setuju. Itu materinya, jadi bukan hapalan namun sikap,” tutur Firli. (trd/red)