baleg
Ketua () RI Supratman Andi Agtas. (Foto: dpr.go.id/Kresno/Man)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Badan Legislasi DPR RI menyepakati penyempurnaan harmonisasi Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

“Kita sudah mendengar pandangan mini masing-masing fraksi di DPR terkait harmonisasi RUU perubahan atas UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan, dan masing masing sudah menyepakati,” kata Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas saat memimpin rapat kerja Baleg DPR RI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (25/3/2021).

Dengan demikian, setidaknya 9 Fraksi di DPR RI secara resmi sudah bersepakat melakukan revisi . Adapun, revisi UU Kejaksaan diusulkan langsung oleh Komisi III DPR RI yang di dalamnya mengatur penguatan kedudukan jaksa dalam sistem pemerintahan.

Baca Juga:   DPR-Pemerintah Cabut RUU Pemilu, Pengamat: Memuluskan Kepentingan 2024

Supratman mengungkapkan, dalam revisi UU Kejaksaan terdapat 8 poin yang dibahas yakni penyempurnaan kewenangan kejaksaan untuk melakukan penyidikan, pengaturan mengenai intelijen, kewenangan pengawasan barang cetakan dan multimedia, serta pengaturan fungsi Advocaat Generaal bagi .

Kemudian pengaturan kewenangan kerja sama kejaksaan dengan lembaga penegak hukum dari negara lain, pengaturan untuk kewenangan kejaksaan lain seperti memberikan pertimbangan dan keterangan dan penegasan peran kejaksaan dalam menjaga keuntuhan kedaulatan negara pada saat dalam keadaan bahaya.

Baca Juga:   Jaksa Agung Era SBY Meninggal

“Dalam revisi Undang-Undang tentang Kejaksaan terdapat 8 poin penting yang dibahas di Badan Legislasi, masing-masing Anggota sudah memberikan pandangannya terkait ini. Saya harap akan segera diselesaikan,” pungkas Supratman.

Diketahui rapat kerja Baleg DPR RI tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas dan juga dihadiri Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh. (trd/red)