Perihal Covid-19, Menristek Komentari Hasil Uji Coba Terapi Plasma Darah

ElangNews.com – Upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah pandemi virus di Indonesia terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan beberapa uji klinis yang diiharapkan bisa menemukan formula terbaik dalam menanggulangi .

Sebelum ini, uji klinis sudah diterapkan terhadap sejumlah obat-obatan seperti Chloroquine dan juga Avigan. Namun, kali ini uji klinis juga dilakukan terhadap plasma darah. Proses uji klinis plasma darah itu dikonfirmasi langsung oleh Menristek, saat melakukan konferensi pers via akun Youtube resmi BNPB pada minggu (3/5).

“Saat ini sedang dilakukan suatu riset pada convalescent plasma, yakni plasma dari pasien yang sudah sembuh, kemudian itu coba diberikan suatu terapi pada pasien yang belum sembuh.”

  Zona Merah Virus Corona Mendekati Rumah Cristiano Ronaldo di Madeira

“Dari proses penelitian yang dilakukan di RSPAD, mulai ada hasil yang cukup melegakan. Namun tentunya masih harus dilakukan riset dalam skala yang lebih besar.” ungkap Bambang Brodjonegoro.

Berdasarkan hal itu, berencana akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Kesehatan agar bisa melakukan riset uji klinis dengan skala yang lebih luas lagi. Rencana yang dicanangkan oleh itu akan menggandeng beberapa rumah sakit.

“Rencananya akan melibatkan berbagai rumah sakit untuk mengembangkan konvalesen plasma. Tak hanya rumah sakit di Jakarta, tapi juga di Malang, Yogyakarta, Surabaya, Solo dan beberapa tempat lainnya.”

“Kami berharap, konvalesen plasma ini akan bisa menjadi suatu alternatif yang bisa membawa dampak peningkatan kesembuhan terhadap para pasien yang menderita virus Covid-19.” ungkap Bambang Brodjonegoro.

  Ini Persyaratan Naik Garuda Indonesia di Saat Pandemi Corona

Selain melalui plasma darah, sebelumnya Kemenristek telah melakukan upaya untuk bisa memerangi wabah pandemi virus Corona. Salah satunya dengan melakukan sebuah riset terhadap Pil Kina. Pil Kina diharapkan mampu menjadi salah satu opsi alternatif yang bisa menyembuhkan pasien yang menderita virus covid-19 di Indonesia.

Dikutip dari Tirto.id (3/5), hingga minggu sore telah dilaporkan sejumlah 349 kasus baru yang dikonfirmasi telah positif terjangkit virus Corona. Jumlah 349 kasus itu merupakan sebuah lonjakan, pasalnya sabtu kemarin, jumlah laporan yang dikonfirmasi sebagai kasus positif virus corona mencapai 292 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here