COVID19 : Pemerintah Arab Saudi telah Melonggarkan LockdownElangNews.com – Pemerintah  telah melonggarkan lockdown yang diberlakukan di provinsi timur Qatif bulan lalu sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memutus mata rantai penyebaran .

Mulai hari Kamis, masuk dan keluar Qatif telah diizinkan. Orang-orang di dalam provinsi juga diizinkan untuk pergi keluar setiap hari sejak pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

Langkah-langkah terbaru diambil sebagai bagian dari upaya kerajaan melawan pandemi virus dari rekomendasi badan kesehatan, kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri.

“Juga telah diputuskan untuk melanjutkan kegiatan yang dikecualikan,” pejabat tersebut menambahkan.

Awal minggu ini, Raja Saudi Salman Ibn Abdul Aziz memerintahkan pencabutan sebagian dari jam malam nasional yang diberlakukan karena pandemi virus Corona sambil tetap melakukan lockdown 24 jam di kota suci Mekah.

Kerajaan juga memungkinkan beberapa kegiatan ekonomi dan komersial untuk dilanjutkan mulai dari Rabu hingga 13 Mei, diantaranya toko grosir dan eceran, pusat perbelanjaan, perusahaan konstruksi dan pabrik.

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut . Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

  Google Berniat Buat Aplikasi Smartphone Pelacak Virus Corona

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Walaupun lebih bayak menyerang lansia, virus ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Data Covid19.go.id menunjukkan, hingga Sabtu (2/5/2020) pagi, jumlah kasus Covid-19 tercatat 3.145.407 kasus. Sementara, sebanyak 221.823 orang meninggal dunia.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi virus Corona, di antaranya:

1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus COVID19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

  Alasan Corona, 2 Juta Lebih Pekerja di PHK

2. Menggunakan masker

Banyak yang menggunakan masker kain untuk mencegah infeksi virus Corona, padahal masker tersebut belum tentu efektif. Secara umum, ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit

Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here