donald trump hentikan dana untuk whoElangNews.com – Presiden mengumumkan pada hari Selasa bahwa ia akan menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia () sementara tinjauan dilakukan.

Trump mengatakan tinjauan itu akan mencakup “peran WHO dalam salah urus dan menutupi penyebaran korona.”

Pengumuman Trump datang di tengah global terburuk dalam beberapa dasawarsa dan ketika ia dengan marah membela penanganannya sendiri terhadap wabah di Serikat.

Di tengah-tengah pertanyaan berputar-putar tentang apakah ia meremehkan krisis atau mengabaikan peringatan dari anggota pemerintahannya tentang potensi keparahannya, Trump telah berusaha untuk menyalahkan di tempat lain, termasuk di WHO dan di media berita.

AS mendanai $ 400 hingga 500 juta untuk WHO setiap tahun, kata Trump, mencatat bahwa “menyumbang sekitar $ 40 juta.”

“Seandainya WHO melakukan tugasnya untuk membawa para ahli medis ke Cina untuk menilai secara objektif situasi di lapangan dan untuk menyebut kurangnya transparansi China, wabah itu bisa saja tertahan di sumbernya dengan kematian yang sangat sedikit,” kata Trump.

Keputusannya untuk menarik dana dari WHO mengikuti pola skeptisisme organisasi dunia yang dimulai jauh sebelum pandemi coronavirus. Trump telah mempertanyakan pendanaan AS untuk PBB, menarik diri dari perjanjian iklim global dan mengecam Organisasi Perdagangan Dunia – mengklaim semua merobek Amerika Serikat.

  Corona Kembali Telan Korban Jiwa, Telah Gugur Pejuang Kesehatan Dinkes DKI

Senator Demokrat Chris Murphy dari Connecticut, yang bertugas di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mengatakan pada hari Selasa sebelumnya bahwa sementara WHO dan China “membuat kesalahan,” Trump juga berusaha untuk menangkis kesalahan dari pemerintahannya sendiri.

“Saat ini, ada upaya yang sangat terkoordinasi di antara Gedung Putih, dan sekutu mereka untuk mencoba menemukan kambing hitam atas kesalahan fatal yang dilakukan Presiden selama tahap awal virus ini,” katanya.

Murphy menambahkan: “Sangat ironis sekali bahwa Presiden dan sekutunya sekarang mengkritik China atau WHO karena bersikap lunak terhadap China ketika sebenarnya adalah Presiden yang merupakan pembela utama China selama tahap awal krisis ini.”
Trump mengatakan pada hari Selasa jika WHO bertindak dengan tepat, ia dapat melembagakan larangan perjalanan pada orang-orang yang datang dari China lebih cepat.

Trump mengatakan Selasa, WHO membuat keputusan “berbahaya dan mahal” untuk menentang pembatasan perjalanan dari China.

Tetapi hanya beberapa hari sebelum Trump melembagakan larangan pada wisatawan dari Cina, ia juga memuji negara itu.

Pada 24 Januari, Trump tweeted: “China telah bekerja sangat keras untuk mengendalikan Coronavirus. Amerika Serikat sangat menghargai upaya dan transparansi mereka. Semuanya akan berjalan dengan baik. Khususnya, atas nama Rakyat Amerika, saya ingin mengucapkan terima kasih Presiden Xi!

  Komik Si El dan Ang

Menteri Luar Negeri AS mengulangi ketidakpuasan pemerintah dengan organisasi internasional di tengah pandemi virus dalam serangkaian wawancara sebelum pengumuman Presiden.

“Organisasi Kesehatan Dunia dalam sejarahnya telah melakukan beberapa pekerjaan yang baik. Sayangnya, di sini tidak mencapai puncak permainannya, dan kita perlu memastikan bahwa kita mendorong melalui upaya untuk mengubah secara mendasar itu atau membuat keputusan berbeda yang mengatakan kita akan melakukan bagian kita untuk memastikan bahwa kewajiban kesehatan dunia yang penting ini, hal-hal yang terus terang membuat orang Amerika juga aman, sebenarnya berfungsi, “kata Pompeo dalam sebuah wawancara dengan” Selamat Pagi Orlando. ”

Hanya beberapa minggu sebelumnya, Pompeo dan Departemen Luar Negeri telah menyoroti kontribusi AS terhadap respons pandemi global, termasuk perannya sebagai “pendukung terbesar Organisasi Kesehatan Dunia sejak dibentuk pada tahun 1948.”
Pengumuman Selasa tentang penghentian pendanaan datang beberapa hari setelah sekutu utama AS – Inggris – mengumumkan kontribusi tambahan £ 65 juta untuk WHO.

Langkah untuk membekukan dana adalah yang terbaru dari serangkaian tindakan administrasi terhadap organisasi multilateral internasional. Sebelum pandemi, proposal tahun fiskal pemerintah 2021 memberikan pemotongan $ 65 juta kepada Organisasi Kesehatan Dunia – penurunan lebih dari 50% dari FY20.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here