Waspada, Virus Corona Mutasi dari Inggris Sudah sampai Indonesia
massal bagi pelaku pariwisata. (Foto: Kemenpar)

Elangnews.com, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. Pernyataannya yang bertepatan dengan satu tahun ditemukannya kasus pertama Covid-19 di Indonesia, membuat khawatir.

Dalam perbincangan bertajuk “Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca ” di Jakarta, Selasa (2/3/2021), Dante menyebutkan mutasi virus corona asal atau ternyata sudah masuk ke Indonesia.

“Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante seperti dikutip dari Kompas.com.

Menurut Dante, tantangan Indonesia menghadapi pagebluk Covid-19 akan semakin berat dengan masuknya B.1.1.7 UK . Karena itu riset menjadi penting. Kolaborasi unsur masyarakat, Kemenkes dan Kemenristek/BRIN diharapkan menjadi jalan keluar menangani pandemi.

Baca Juga:   Jokowi Saksikan Vaksinasi Seniman dan Budayawan di Yogyakarta

Sejumlah epidemiolog menyebutkan mutasi virus sudah biasa termasuk Covid-19. Mutasi juga bisa tidak lebih berbahaya tetapi bisa sebaliknya.

Baca Juga:   Mubah Kata MUI Pusat, Para Kiai di Jatim Siap Divaksinasi AstraZeneca

Kemenristek/BRIN dan Kemenkes sudah membentuk tim genomic surveillance. Tim ini mendeteksi karakter virus Covid-19 termasuk mutasi yang terjadi. Saat ini jumlah virus yang baru masuk ke bank data baru berkisar 115 jenis.

“Jumlah ini sangat jauh dengan yang dilakukan tim di Singapura yang sudah mencapai 1.000 jenis,” kata Menristek Bambang Brodjonegoro, belum lama ini. (Yat/Red)