Wagub Jakarta Sebut Anton Medan Menginspirasi
Wakil Gubernur DKI (Foto: Haluan)

Elangnews.com, Jakarta – Wagub DKI Jakarta A. Riza Patria menyatakan duka atas meninggalnya Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) . Pemilik nama H. Ramdhan Effendy ini meninggal di Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (15/3/2021), pukul 14.50 WIB.

“Sejarah perjuangan hidup Bang Anton Medan telah menginspirasi banyak orang, semoga kita dapat meneladani beliau dalam sisa hidup ini,” tulis Riza Patria dalam akun pribadinya.

“Insya Allah Bang Anton Medan di surga Allah Swt. Aamiin. Duka mendalam atas meninggalnya Bang Anton Medan, hormat Ariza pada Abang dan keluarga,” ujarnya.

Baca Juga:   Kabel Optik Singapura-Jakarta Terputus Sebabkan Internet Lelet Hari ini

Anton Medan lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 10 Oktober 1957. Ia menjadi mualaf sejak 1992. Anton Medan memiliki nama Islam Ramdhan Effendi. Ia mendirikan Masjid Jami Tan Hok Liang, di areal Pondok Pesantren At-Ta’ibin, Pondok Rajeg, Cibinong, kabupaten Bogor.

Sejumlah kalangan dari mulai wartawan dan musisi mengucapkan belasungkawa atas meningganya bekas preman yang menjadi pendakwah ini. Mantan jurnalis dan juga budayawan Maman Suherman memiliki kesan tersendiri kepada almarhum.

Baca Juga:   Wagub Riza Patria Salat Jumat di Kompleks Walikota Jakarta Selatan

“Mungkin karena saya mengenalnya sejak masih duduk di bangku kuliah kriminologi (UI) sehingga dia sangat terbuka kepada saya tentang berbagai hal di masa lalunya, termasuk memamerkan bekas peluru dan bacokan di tubuhnya,” ujar Maman.

Begitu juga musisi Ananda Sukarlan menulis dalam statusnya. “Kita kehilangan tokoh berpengaruh dan berjasa ini. RIP Anton Medan,” tulisnya. (Yat/Red)