jokowi
Presiden Joko Widodo mencabut lampiran Perpres izin investasi minuman keras pada Selasa, 2 Maret 2021. Sumber: Facebook Kementerian Sekretariat Negara RI. Foto: Lukas – BPMI Setpres

ELANGNEWS.COM, Jakarta – “Bersama ini saya sampaikan, saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut.”

Demikian bunyi pengumuman dari Presiden melalui platform youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa (2/3). Dengan demikian dipastikan bahwa Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang melegalkan minuman keras, yang baru berusia sebulan tersebut, mulai hari ini dibatalkan.

Usai Presiden Jokowi mengumumkan secara resmi keputusan tersebut, beragam pujian dan apresiasi pun muncul ke permukaan.

Salah satunya datang dari Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Anwar Abbas, yang juga sebagai Ketua PP Muhammadiyah, menyatakan, “Saya benar-benar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden Jokowi yang telas mencabut Perpres Nomor 10 tahun 2021.”

Baca Juga:   Cak Nun Dorong Dialog Empat Mata Jokowi-Habib Rizieq FPI

Apresiasi juga datang dari Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin, “Saya patut memberikan apresiasi kebijakan Presiden Jokowi tersebut karena memang minuman keras lebih banyak membawa dampak negatif,” kata Azis di Jakarta pada Selasa (2/3).

Hal senada juga disampaikan politisi PKS yang juga sebagai Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera.

Baca Juga:   Vaksinasi Gratis: Jokowi Tetapkan Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Rakyat!

“Kejadian ini harus menjadi pelajaran bahwa membangun bangsa harus memegang prinsip. Presiden sendiri yang menegaskan arah pembangunan sumber daya manusia sebagai prioritas utama,” Mardani juga menambahkan, “saya mengapresiasi karena mendengar suara publik. Jangan sampai kejadian serupa terulang lagi,” tuturnya mengakhiri pernyataannya di Jakarta, Selasa (2/3).

Seperti sudah diketahui bahwa sebelumnya PBNU dan Muhammadiyah kompak menolak Perpres Nomor 10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang melegalkan minuman keras. Perpres tersebut merupakan aturan turunan dari UU Nomor 11/2021 tentang Cipta Kerja. (trd/red)