Hutan Indonesia
Hutan Indonesia kini terus menyusut dampaknya berkontribusi pada perubahan iklim. (Foto Rar Riau)

Elangnews.com, Hari ini, dunia merayakan (World Forest Day). Diperingati setiap tanggal 21 Maret dengan tujuan berbagi visi dan misi mengenai hal yang berkaitan dengan hutan dan pohon, perubahan iklim, dan strategi yang harus dilakukan.

Sejumlah lembaga dan instansi hari ini menyebarkan ucapan dan juga meme dalam rangka Hari Hutan Internasional yang ditetapkan dalam resolusi PBB pada 21 Desember 2012 ini.

1. Indonesia

Ucapan Selamat Hari Hutan Internasional, Dari Kadin hingga Pupuk Indonesia

Kadin Indonesia mengucapkan Selamat Hari Hutan Internasional. Hutan dan Mata Pencaharian: keberlanjutan untuk manusia dan bumi.

Mari kita jaga bersama keseimbangan hayati dan ekosistem hutan dan meningkatkan fungsi dan nilai hutan baik ekonomis maupun ekologisnya untuk kehidupan yang lebih baik di masa sekarang dan masa yang akan datang.

2.

Ucapan Selamat Hari Hutan Internasional, Dari Kadin hingga Pupuk Indonesia

Tidak hanya sebagai sumber bahan baku untuk memenuhi kebutuhan manusia, hutan juga menjadi habitat yang nyaman bagi para satwa dan tumbuhan.

Hutan berkontribusi menjaga ekosistem lingkungan dan kita bertugas menjaga kelestarian hutan. Menjaga hutan sama pentingnya dengan menjamin keberlangsungan kehidupan di masa depan.

Mari saling menjaga, untuk aku, kamu, kita, dan generasi yang akan datang.

Baca Juga:   Polda Metro Jaya Bentuk Tim Pemburu Pelanggar Covid-19 Mobile Covid Hunter

3. Pemprov

Ucapan Selamat Hari Hutan Internasional, Dari Kadin hingga Pupuk Indonesia

Setiap 21 Maret Hari Hutan Internasional dirayakan, untuk saling berbagi mengenai visi misi kehutanan dan kaitannya dengan perubahan iklim di seluruh dunia, serta strategi yang perlu dilakukan untuk menghadapinya.

Hutan memiliki peranan penting dalam kehidupan. Rumah bagi lebih dari 80% keanekaragaman hayati di dunia, hingga menjadi penyeimbang iklim.

Ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan dan menjaga kelestarian hutan, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, mengurangi penggunaan tisu dan kertas. Menerapkan reduce, reuse, recycle, menanam pohon, dan lainnya.

4.

Ucapan Selamat Hari Hutan Internasional, Dari Kadin hingga Pupuk Indonesia

Hutan berhubungan dengan nasib 1,6 miliar jiwa. Hutan merupakan sumber mata pencaharian, obat-obatan, bahan bakar, makanan, serta tempat tinggal bagi lebih dari 2.000 suku.

Food and Agriculture Organization (FAO) melaporkan bahwa hutan di planet bumi seluas 4,06 miliar hektare. Jika saat ini jumlah penduduk bumi adalah 7,7 miliar jiwa, maka luas hutan hanya 0,52 hektare per kapita. Sehingga perbandingan hutan per orang hanya seluas setengah lapangan sepak bola.

Baca Juga:   Atta Halilintar Sosok Inspiratif Ekonomi Kreatif, Ini Harapan Kadin Jakarta

Mirisnya, luas hutan terus menyusut setiap tahun. Menurut sebuah riset, semenjak 1990, luas hutan yang hilang (forrest lost) sebesar 178 juta hektare. Luas ini setara dengan luas wilayah Libya.

Dalam Peringatan Hari Hutan Internasional, ayo tingkatkan kesadaran untuk menjaga hutan demi keberlangsungan hidup umat manusia di masa mendatang.

5. Kantor Staf Presiden

Ucapan Selamat Hari Hutan Internasional, Dari Kadin hingga Pupuk Indonesia

Hasil pemantauan hutan Indonesia pada tahun 2020 menunjukkan bahwa, luas lahan berhutan seluruh daratan Indonesia adalah 95,6 juta ha atau 50,9% dari total daratan. Adapun 92,5% dari total luas berhutan atau 88,4 juta ha, berada di dalam kawasan hutan.

Angka Deforestasi Indonesia juga relatif menurun pada beberapa periode terakhir. Dimana pada 2019-2020, angka deforestasi netto Indonesia mengalami penurunan sebesar 75,0%.

Meskipun luas kebakaran hutan dan lahan Indonesia pada tahun 2020 seluas 296,9 ribu ha, namun yang terjadi pada penutupan hutan serta mengakibatkan deforestasi relatif kecil yaitu hanya seluas 1,1 ribu ha (0,4%).

Mari kita jaga bersama-sama agar hutan kita tetap hijau dan tetap bersih. Karena hutan adalah masa depan kita. (Yat/red)