Teroris Marak Lagi, DPR Kritik BNPT
Terduga tewas ditembak tak jauh dari pos penjagaan . (Foto: Istimewa)

Elangnews.com, Jakarta – Anggota Komisi III Dipo Nusantara mempertanyakan peran Badan Nasional Penanggulangan () menyusul maraknya kembali serangan teroris di Indonesia. Seperti peristiwa di dan juga di Mabes Polri.

“Di Komisi III kita juga mendesak kepala BNPT itu agar lebih mengoptimalkan fungsi pencegahan dan penanggulangan terorisme,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini di DPR, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga:   Ini Drone Penghancur, Dipakai Tentara Inggris di Mali

Selama ini, kata Dipo, BNPT sudah banyak diksuksi dan seminar, sosialisasi ke sekolah-sekolah juga ke daerah-daerah. Teroris masih saja tumbuh.

“Kita juga mendukung BNPT agar terus meningkatkan koordinasi, konsolidasi dengan kementerian atau lembaga-lembaga, universitas, lembaga risert, dan lembaga internasional,” ujarnya.

“Tetapi yang penting harus turun ke daerah-daerah untuk melakukan sosialisasi guna menangkal bibit-bibit faham radikalisme,” tambahnya.

Baca Juga:   Kepada Da’i Indonesia, Wapres: Jangan Terseret Arus Pemikiran Sempit

Dipo menyatakan, faktor terorisme bukan sekadar soal pemahaman agama tetapi terkait ekonomi dan kemiskinan.

“Karena bagaimana pun hidup susah dan akhirnya mereka mengambil jalan pintas dan juga ada upaya propaganda,” ujarnya.

“Kalau soal terorisme semua agama juga menentangnya. Yang penting itu adalah pencegahan dan penanggulangannya,” pungkas Dipo. (Yat/red)