Siapa Sosok Ulama Banten Kharismatik Abuya Uci Turtusi? Ini Profilnya
Ulama kharismatik KH Turnusi. (Foto: Instagram)

Elangnews.com, Jakarta – Dalam masa pandemi ini sudah banyak ulama yang meninggal. Mereka meninggal bukan karena Covid-19 melainkan karena usia atau karena sakit.

Banyaknya ulama yang meninggal di saat pagebluk semakin menambah kesedihan umat Islam karena ditinggal para guru dan ulamanya.

Kabar terbaru, Selasa (6/4/2021), umat Islam juga dikejutkan dengan meninggalnya ulama kharismatis Banten, KH Uci Turnusi yang dikenal dengan Abuya Uci. Pimpinan Pondok Pesantren dan majelis Taklim Pondok Pesanten Al-Istiqlaliyyah Al-Istiqlaliyyah, Desa Sukamantri, Pasar Kemis, Kota Tangerang, Banten, ini meninggal lantaran sakit.

Baca Juga:   Kisruh Demokrat, Santet Banten Akan Dikirim untuk Siapa?

Kabar meninggalnya putra ulama Banten, Abuya Dimyathi Cilongok, ini sangat mengejutkan. Karena awalnya hanya sakit biasa dan belakangan kondisinya terus menurun. Jenzah Abuya Uci dimakamkan kemarin masih di Kompleks Pondok Pesanten Al-Istiqlaliyyah Al-Istiqlaliyyah.

Abuya Uci dikenal sangat dekat almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Presiden ke-4 RI ini kerap datang dan memberikan ceramah di Pondok Pesanten Al-Istiqlaliyyah Al-Istiqlaliyyah.

Sosok Abuya Uci dikenal sebagai penceramah dalam pengajiannya yang selalu konsisten menggunakan bahasa Sunda. Bahasa ibu orang Banten. Karena itu ceramahnya mudah dipahami oleh masyarakat Banten dan sekitarnya.

Baca Juga:   Baru Sebulan Diteken, Lampiran Perpres Investasi Miras Dihapus

Tidak hanya masyarakat Banten dan Sunda pada umumnya, Abuya Uci juga dikenal umat Islam dunia. Ini karena setiap tahun Pesantren Al-Istiqlaliyyah Al-Istiqlaliyyah kerap menggelar haul ulama sufi kelahiran Irak yang sangat dikenal dunia dan bahkan kerap disebut-sebut dalam doa dan wirid, Syekh Abdul Qadir al-Jaelani.

Setiap tahun pesertanya mencapai ribuan orang dari dalam dan luar negeri. Termasuk saat pandemi 2020, peserta pun tak dapat dibendung hingga mencapai 1.500 orang. (Yat/red)