Sebentar Lagi Seleksi CPNS akan Dibuka, Ada 1,3 Juta Formasi
Seleksi 2021 segera dibuka.

Elangnews.com, Jakarta – Pemerintah kembali membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun anggaran 2021. Penetapan formasi akan dilakukan di bulan Maret. Proses pendaftarannya sendiri akan berlangsung pada April-Mei 2021. Seleksinya dijadwalkan pada Juni 2021.

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Teguh Widjinarko, akan segera bergulis. Dia mengatakan jumlah formasi CPNS pada tahun ini sebesar 1,3 juta formasi.

Baca Juga:   Pejabat Ditjen Pajak Tersangkut Suap Lagi, Bikin Masyarakat Malas Bayar Pajak

Angka terakhir tersebut sudah termasuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1 juta guru PPPK. Skema adalah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan termasuk untuk Pemerintah Daerah.

Di luar jabatan guru, Pemda mendapat kuota sekitar 189 ribu, terdiri dari 70 ribu PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan, tenaga kesehatan.

Lalu kuota di instansi-instansi pemerintah pusat sebanyak 83 ribu dengan persantase 50% berstatus PPPK dan 50% berstatus CPNS. “Ditentukan berdasarkan kebutuhan,” ujar Teguh kepada awak media, (10/02).

Baca Juga:   Anak Buahnya Diduga Disuap, Sri Mulyani: Pengkhianat

Menurut Teguh, pelaksanaan seleksi CPNS 2021 sudah disetujui Menteri Keuangan, Indrawati.  Saat ini, Kemenpan RB tinggal menunggu pertimbangan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (). “Intinya menteri keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021,” tutupnya.
(tup/red)