Sebelum Terbakar Warga Sekitar Kilang Balongan Sempat Protes Bau Minyak Menyengat
Pemadaman api di Kilang terus dilakukan. (Foto: )

Elangnews.com, Jakarta – Dalam sebuah video yang tersebar di media sosial sekelompok orang yang mengatasnamakan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (KAHMI) , Jawa Barat, menyebutkan sebelum terbakar kilang sempat mengeluarkan bau menyengat.

“Warga sempat protes karena bau menyengat dari sekitar kilang sangat mengganggu warga,” demikian pernyataan KAHMI Indramayu.

KAHMI Indramayu meminta Polda Jawa Barat mengusut tuntas karena selain berdampak kepada warga sekitar juga diduga ada unsur kelalaian dan kesengajaan.

Baca Juga:   Kontrakan Terbakar, 10 Warga Pisangan Matraman Tewas

“Polda Jabar harus mengusut tuntas kebakaran tersebut karena warga sebelumnya sudah protes dan mengingatkan,” tegas KAHMI Indramayu.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan sampai saat ini PT Pertamina (Persero) masih melakukan investigasi empat sumur di Kilang Balongan. Data-data awal sudah diperoleh namun belum dapat dibutuskan penyebab kebakarannya.

Baca Juga:   Pertamina Pastikan Tak Perlu Impor BBM, Kilang Balongan Beroperasi Hari Ini

“Masalahnya kan ada penyebab yang terlihat langsung dan ada yang tidak terlihat langsung,” ujarnya.

Selain dari pihak internal, investigasi juga melibatkan Polri dan juga Kementerian ESDM. “Termasuk juga kami ingin mendapatkan kajian dari instansi internasional yang menangani bidang kecelakaan kerja seperti yang terjadi sekarang ini,” ujarnya. (Yat/Red)