Putusan Sela Habib Rizieq soal Kerumunan Petamburan dan Megamendung Ditolak Majelis Hakim
Sidang putusan sela Shihab di PN . (Foto: YouTube)

Elangnews.com, Jakarta – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menolak putusan sela Habib dalam Maulid Nabi Muhammad SAW di , Jakarta Pusat, dan , Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021).

Penolakan itu sudah diprediksi sebelumnya. Semua materi yang diajukan Habib Rizieq dianggap Majelis Hakim sudah dalam pokok materi perkara sehingga harus diuji di pengadilan.

Baca Juga:   Bentrok FPI-Polisi, Fadli Zon: Saya lebih percaya FPI dan Munarman

“Perbuatan itu baru diketahui ada atau tidak ada setelah memeriksa bukti-bukti di persidangan. Karena itu alasan terdakwa sudah menyangkut materi perkara. Karena itu akan dipertimbangankan pada bagian pokok perkara nantinya,” kata Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Timur Suparman Nyompa.

“Menyatakan nota keberatan atau eksepsi terdakwa dan penasihat hukum terdakwa dinyatakan tidak dapat diterima,” ujar Suparman.

Dengan keputusan ini, sidang dalam kasus kerumunan di dua tempat itu dilanjutkan. Padahal dalam pembelaaan sebelumnya Habib Rizieq menyatakan bawa ia sebelumnya tidak pernah diberi penjelasan untuk melakukan karantina saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga:   Majelis Hakim Putuskan Persidangan Habib Rizieq Offline, Kuasa Hukum: Prokes Bukan Urusan Jaksa

Ia juga mengatakan bahwa kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung sebagai bentruk kriminalisasi karena pelanggaran yang seharusnya hanya bayar denda dan itu sudah ditunaikan malah dikenai pidana. (Yat/Red)