Jokowi Impor
Karikatur Selamat Datang di Negeri Agraris (ElangNews/Suray)

Elangnews.com, Jakarta – Dalam pernyataan membatalkan , Presiden menyelipkan pernyataan yang dianggap kontroversial. Presiden menyebut selama tiga tahun terakhir pemerintah hampir tidak impor beras.

Kontan saja pernyataan itu langsung ditanggapi netizen, lembaga swadaya masyarakat dan jurnalis lewat media sosial, grafik dan statistik pun langsung bertebaran sebagai bukti.

“Hampir 3 tahun Indonesia tidak mengimpor beras? Tahun 2018 impor beras 2,25 juta ton, tahun 2019 impor 444,5 ribu ton,” tulis Institut Ecosoc Rights, Sabtu (27/3/2021).

Baca Juga:   Jawab Sindirian JK ke Jokowi, Mahfud: Keluarga Pak JK Juga Laporan ke Polisi

Wartawan senior Farid Gaban juga memntahkan pernyataan Presiden soal “hampir tiga tahun belakangan ini, Indonesia tidak mengimpor beras.”

“Data BPS menyatakan pernyataan itu keliru, kita masih impor beras dua tahun lalu (2019) meski cuma 445.00 ton,” kata Farid Gaban.

Presiden Jokowi Sebut Tiga Tahun Tak Impor Beras, Netizen Ramai-Ramai Buka Statistik

Mantan jurnalis Tempo ini mengingatkan pemerintah untuk tidak mengambil jalan pintas dengan impor melainkan harus fokus pada pengembangan di dalam negeri. Farid Gaban tidak setuju dengan (pertanian korporasi berskala besar) sejak era Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi.

Baca Juga:   Rocky Gerung: Qodari Sepertinya Disuruh Menyingkirkan Kandidat Lain

“Bukan solusi justru membuat kecil mendekati kepunahan,” tegasnya. “Tanpa ada solusi radikal, mendasar dan menyeluruh kiamat pertanian hanya menunggu waktu,” ujarnya. (Yat/Red)