Pengamat Ini Sebut KLB di Sibolangit sebagi 'Jambore Kakak Pembina'
Ketua Umum DPP Agus Harimurti Yudhoyono saat jumpa pers di Jakarta. (Foto: YouTube)

Elangnews.com, Jakarta – Analis politik yang juga filsuf menyebut secara satire (KLB) di , Sumatra Utara, Jumat (5/3/2021), yang menetapkan Kepala menjadi ketua umum sebagai kegiatan ‘Jambore Kakak Pembina’.

Selama ini Sibolangit berada di wilayah Kabupaten Deli Serdang dikenal sebagai tempat kegiatan Pramuka sejak 1977 (Jambore Nasional II) dan baru saja digunakan Jambore Daerah 2020 di kaki Gunung Sibayak ini.

“Ini adalah investasi Pak Moeldoko terakhir. Cadangan devisa politik semuanya ditaruh di situ. Bila berhasil melenggang ke 2024 tetapi bila gagal seluruh reputasinya berhenti,” kata Rocky dalam perbincangan di kanal Hersubeno Point, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga:   KLB Demokrat, Annisa Pohan Sebut Terjadi Pemerkosaan Demokrasi

Menurut Rocky, Moeldoko betul-betul bertaruh secara habis-habisan di Sibolangit. Tentu, kata Rocky, kegiatan Moeldoko itu sangat berisiko. “Tentu banyak sponsor di belakangnya karena nggak mungkin betarung tanpa sponsor. Tak mungkin mau ambil risiko kalau tanpa ada sponsor,” ujar Rocky.

Secara formal, kata Rocky, KLB mengangkat Moeldoko sebagai ketua umum. Tetapi justru Moeldoko derajatnya turun. “Karena dia langsung tampil sebagai ketua umum. Kalau berpolitik agak bermutu kenapa nggak orang lain sementara Moeldoko tetap jadi dalang,” ujarnya. “Ini dalang malah jadi wayang.”

Baca Juga:   AHY Sambangi Kantor Pusat Muhammadiyah, Tolak Bicara Merangkul Moeldoko

Dalam analisis Rocky, kondisi ini justru akan meningkatkan simpati publik kepada Agus Harimurti Yudhoyono (). “Dari segi umur dan dari segi ketenangan sangat terlihat. AHY justru lebih dewasa dalam berpolitik,” pujinya.

Menurut Rocky dalam kisruh Demokrat, sebenarnya yang ditantang Moeldoko bukan Partai Demokrat sejatinya justru yang dilawan adalah etika politik. Kalau Partai Demokrat, lanjut Rocky, bisa dilumpuhkan tetapi kalau etika politik itu akan diingat bahwa tindakan di Sibolangit akan dicatat sebagai keburukan dari kekuasaan.

“Padahal Sibolangit adalah lambang dari Kepanduan,” sindir Rocky. (Yat/Red)