Hj. Nunuk Nuraini, Peracik Bumbu Indomie
, Peracik Bumbu

Kabar meninggalnya peracik bumbu indomie, perempuan kelahiran Bandung 59 tahun yang lalu, bernama lengkap Hj. Nunuk Nuraini 27 Januari 2021 pada pukul 02.55 WIB ramai jadi perbincangan di media sosial. Banyak warganet yang mengucapkan duka dan menghaturkan terima kasih atas “temuannya” meski tak mengenal atau pernah bertemu langsung dengan sang mendiang yang merupakan alumni Fakultas Pertanian dan tak kurang dari 30 tahun telah mengabdi pada .

Maklum, bumbu racikan Nunuk telah membuat orang Indonesia kecanduan dengan mie instan. Bahkan, Indomie pernah dinobatkan sebagai mie terenak di dunia versi LA Times. Indomie pertama kali diluncurkan pada 1972 dan berkembang pesat seiring dengan diterimanya produk mie instan di Indonesia. Mie instan sendiri mulai dikenal masyarakat pada 1969, dan sempat diragukan keberadaannya pada awal kemunculan. Namun, harga mie instan yang terjangkau, mudah disajikan, dan cenderung awet membuat mie instan mudah diterima dengan produk pertama Indomie yang diperkenalkan ke publik adalah Kuah Rasa Kaldu Ayam.

Tak hanya di Indonesia, Indomie populer hingga mancanegara, seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Taiwan. Produk Indomie juga menjangkau kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika. Pemasaran Indomie keluar negeri telah dimulai sejak 1992. Pamor Indomie yang tak terkalahkan juga sejalan dengan kontribusinya terhadap PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Dari total penjualan pada kuartal III 2020 yang mencapai Rp. 32 triliun, misalnya, Indomie berkontribusi sebesar Rp. 15,49 triliun atawa nyaris setengah dari penjualan produk perusahaan.

Nama Nunuk Nuraini bukan sosok baru di dunia kuliner. Ia adalah peracik bumbu Indomie yang diproduksi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Salah satu perusahaan mie instan besar di Indonesia yang jadi favorit banyak orang.

Namanya mulai diketahui publik pada pertengahan tahun 2020 lalu. Saat itu sebuah cuitan dari akun Twitter @dittameliaa (3/6) vial. Ia menuliskan keterangan ‘Pahlawanku’ beserta mengunggah foto Nunuk yang memegang mie instan di tangannya.

“Alfatihah, semoga husnul khotimah untuk Ibu Nunuk Nuraini. Terima kasih atas perjuangan dan pengabdiannya dalam meracik dan mewujudkan ragam rasa Indomie, semoga jasamu merupakan amal ibadah yang akan engkau bawa sebagai bekal menghadap Sang Khalik,” komentar seorang netizen.