citra
menggelar Forum Academics Talk “Penerapan Restorasi Justice Dalam Sistem Di Indonesia” secara daring, Jakarta, Sabtu, 20 Maret 2021.

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Secara substansial, konsep penegakan hukum pidana di Indonesia sebenarnya telah mengadopsi prinsip , setidaknya dalam sistem peradilan anak dalam UU 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, UU No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, dan UU No 18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Daerah Istimewa Aceh Sebagai Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Menurut Dr. Anton Rosari, SH, MH, pakar hukum Universitas Andalas, restorasi justice adalah rezim hukum publik, dan domainnya adalah negara.

“Saluran restorative justice jelas, yaitu peraturan perundang undangan atau ketetapan hukum, sementara hukum adat tidak mengenal sanksi yang tegas, sehingga menurut saya restorasi justice tidak sama dengan penerapan hukum adat”, kata Anton dalam forum Academics Talk “Penerapan Restorasi Justice Dalam Sistem Hukum Di Indonesia” yang digelar Citra Institute, Sabtu, 20 Maret 2021.

Sementara itu, dalam forum yang sama, Dr. Azwar Agus, SH, MH, Rektor Universitas Taman Siswa Palembang menyatakan, “untuk memberikan kepastian hukum, negara juga harus memastikan bahwa pemulihan atau pengembalian korban kepada keadaan semula, berjalan sesuai kesepakatan dengan pelaku”.

Menurutnya, konsep restoratif justice menekankan pada upaya untuk mendorong pelaku agar bertanggungjawab atas kejahatannya terhadap korban.

Narasumber lain yang hadir dalam forum tersebut adalah Dr. Danu Febrianto, SH, MH (Kepala Biro Manajemen Strategis & Perumusan Kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan); Dr. Else Suhaimi, SH, MH (Dekan Fakultas Hukum Universitas Taman Siswa Palembang); dan Dr. Serlika Aprita, SH, MH (Dosen FH Universitas Muhammadiyah Palembang).

Forum akademik yang digelar secara daring tersebut dipandu oleh Moderator, Dr. Heriyono, SH, M.Kn, Program Officer Citra Institute. Acara tersebut disponsori oleh PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Didukung pula Elangnews.com sebagai media partner. (trd/red)