Listrik (Foto: Shutterstock)
Listrik (Foto: Shutterstock)

Elangnews.com, Jakarta – Ada kabar gembira buat para pelanggan PLN, token listrik gratis bisa kita dapatkan pada Februari 2021. Dengan mengakses situs pln.co.id atau aplikasi PLN Mobile dab WhatsApp lewat nomor 0812 123 123.

Adapun token listrik gratis ini adalah sebuah program pemerintah bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19. Program ini diluncurkan tahun 2020 kini diperpanjang sampai Maret 2021.

Menurut keputusan pemerintah, perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi dalam ketentuan sebagai berikut:

– Diskon listrik 100% diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token gratis yang besarannya sama seperti sebelumnya.

– Diskon 50% diberikan kepada golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Kemudian bagi pelanggan prabayar diskon 50% langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Dalam keterangan resmi seperti dilansir pln.co.id senin (1/2/2021), Agung Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN menyampaikan untuk pelanggan pascabayar akan langsung mengurangi biaya tagihan listrik, kemudian untuk daya 450 VA prabayar token dapat diperoleh melalui cara yang sudah dijelaskan.

“Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, stimulus diterima ketika melakukan pembelian token listrik.” Sambungnya.

Perlu diketahui, stimulus listrik ini nantinya berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening Januari-Maret 2021. Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar berlaku saat pembelian token listrik Januari-Maret 2021.

Ini langkah-langkah untuk mendapatkan token listrik gratis melalui aplikasi PLN Mobile:

1. Buka aplikasi PLN Mobile.
2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo.
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter.
4. Token gratis akan muncul.
5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Untuk mendapatkan token listrik gratis via website PLN, ikut langkah-langkah berikut ini:

1. Akses situs resmi PLN www.pln.co.id
2. Klik pada pilihan stimulus Covid-19 (token gratis/diskon)
3. Masukkan ID pelanggan/nomor meter, pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang tampil pada layar
4. Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan
5. Token listrik yang berhasil didapatkan dapat dimasukkan ke kWh meter yang sesuai dengan ID pelanggan/nomor meter.

Bagi anda yang ingin mengakses via WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hubungi PLN via WhatsApp melalui nomor 0812 2123 123
2. Chat pada nomor tersebut, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID pelanggan/nomor meter
3. Token listrik akan tampil pada layar
4. Token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka token tersebut ke kWh meter yang sesuai dengan ID pelanggan/nomor meter.***