LPSK Lindungi Jurnalis Tempo, Setelah Dianiaya ketika Meliput
Ratusan jurnalis menggelar aksi di depan Gedung Negara Grahadi, Senin (29/3/2021). (Sumber: Sindonews/Ali Masduki)

Elangnews.com, Surabaya – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban () memberikan perlindungan kepada jurnalis Tempo, Nurhadi. Nurhadi merupakan korban penganiayaan saat menjalankan tugas jurnalistik beberapa waktu lalu.

LPSK datang dengan dipimpin oleh Wakil Ketua Edwin Partogi Pasaribu. Mereka bertemu dengan Nurhadi yang didampingi sejumlah kuasa hukumnya di kantor Kontras Surabaya.

“Kami putuskan untuk proaktif, meski belum ada permohonan tapi sudah datang untuk bertemu saksi dan korban, serta mendalami peristiwanya. Selain menggali kronologinya dari saudara Nurhadi, kami juga menggali informasi seputar proses hukum yang sudah berlangsung,” ujar Edwin kepada awak media, (30/3).

Baca Juga:   Poernomo, Polisi yang Merawat 60 Anak Jalanan

Menurut Edwin, LPSK akan melakukan penelaahan dan investigasi serta berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur terkait kasus tersebut. LPSK juga berencana bertemu Kapolda Jawa Timur, untuk mengonfirmasi proses hukum yang sedang berlangsung.

LPSK menegaskan, perlindungan tidak hanya akan diberikan kepada Nurhadi, tetapi juga kepada saksi mata. “Bila memang ada saksi lain yang membutuhkan perlindungan, silakan ajukan permohonan dan kami akan mendalami permohonan tersebut. Prinsipnya kami terbuka untuk siapa saja dalam sebuah peristiwa yang membutuhkan perlindungan,” tutur Edwin.

Baca Juga:   Viral, Supir Berkaos FBI Tabrak Polisi

Terkait bentuk perlindungan yang akan diberikan, LPSK akan mempelajari situasi yang berkembang. Bila diperlukan, maka korban dapat ditempatkan di safe house atau rumah aman.

“Safe house itu sudah perlindungan paling tinggi. Terlindung sudah tidak bisa lagi keluar rumah dalam rangka menjaga keselamatan jiwanya. Tapi untuk kasus ini kami masih melakukan pendalaman dan hasil investigasi kami akan kami bawa ke sidang pimpinan LPSK untuk diputuskan atau ditolak permohonannya,” ujarnya.
(tup/red)