Kuota Kartu Prakerja Gelombang 12 Mencapai 600 ribu peserta
Kartu Prakerja. (elangnews.com)

Elangnews.com, Jakarta – Program Kartu Prakerja kembali dibuka. Kali ini sudah masuk gelombang ke-12. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan Kartu Prakerja gelombang 12 akan merekrut 600 ribu peserta. “Program kartu Prakerja gelombang 12 ini saya nyatakan kembali dibuka,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/2).

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, manfaat yang diberikan Prakerja tahun 2021 sama dengan tahun lalu mencapai Rp3,55 juta per peserta. Komposisinya Rp1 juta dalam bentuk biaya pelatihan online. Rp 2,4 juta insentif dana tunai yang dibagikan masing-masing Rp 600 ribu dalam empat bulan dan biaya survei sebesar Rp 150 ribu.

Baca:  Bukan Drama Korea, Begini Perdebatan Seputar Vaksin Covid-19

Menurut Airlangga, target program ini yaitu adalah para pencari kerja yang menganggur dan mereka yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK). “Juga wiraswasta pelaku usaha mikro dan kecil yang tutup usahanya karena pandemi Covid-19,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang tertarik bisa langsung mendaftar di situs prakerja.go.id. Di situ tersebut calon peserta harus membuat akun dan mengikuti seleksi Kartu Prakerja.

Bagi Sobat yang akunnya sudah diverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik “Gabung” ke Gelombang 12 agar dapat masuk ke tahap seleksi.

Baca:  Bukan Drama Korea, Begini Perdebatan Seputar Vaksin Covid-19

Sebelum mengikuti seleksi kartu prakerja, calon peserta harus merupakan Warga Negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menjalankan studi.

Cara ikut seleksi yaitu, pertama membuka situs www.prakerja.go.id melalui browser handphone atau komputer. Kedua menyiapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.

Ketiga, menyiapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online. Keempat mengklik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka. Terakhir, menunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.
(tup/red)

Berita Nasional & Peristiwa : Kuota Kartu Prakerja Gelombang 12 Mencapai 600 ribu peserta, ElangNews.com.