KPK Bongkar Skandal Pajak, Bakal Pecahkan Rekor Gayus Tambunan?
Pegawai dikenal sebagai mafia yang dihukum selama 29 tahun. (Foto: Liputan6.com)

Elangnews.com, Lagi-lagi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan diterpa skandal. Suap yang melibatkan dua pentolan pegawai Ditjen Pajak dan perusahaan swasta tersebut bernilai puluhan miliar rupiah.

“Kami sedang penyidikan betul, tapi tersangkanya nanti dalam proses penyidikan itu kan mencari alat bukti untuk menetapkan tersangka, ini yang sedang kami lakukan,” kata Wakil Ketua Alexander Marwata di Jakarta seperti dikutip dari Tempo.co, Rabu (3/3/2021).

Modus suap tersebut, kata Alex, para wajib pajak memberikan uang kepada pejabat agar nilai pembayaran pajaknya menjadi rendah. Tidak hanya melibatkan satu perusahaan tetapi banyak perusahaan.

Baca Juga:   Profil Yoory C. Pinontoan, 24 Tahun Berkarir di Sarana Jaya Hingga Jadi Tersangka KPK

Sementara katadata.co.id, menyebutkan dua tersangka penerima suap itu berinisial A dan D dan salah satu perusahaannya berinisial PT J. “Nanti kami tetapkan tersangka langsung kami tahan orangnya,” kata Alex.

Bila membahas di Ditjen Pajak, ingatan publik selalu tertuju pada kasus suap fenomenal kepada pagawai rendahan Gayus Tambunan. Kendati jabatannya bukan sebagai penentu, tetapi pria kelahiran Jakarta 9 Mei 1979 menjadi sosok yang terkenal pada 2010 dan 2011.

Baca Juga:   Anak Buahnya Diduga Disuap, Sri Mulyani: Pengkhianat

Gayus yang terlibat dalam penggelapan pajak dan pencucian uang senilai Rp 25 miliar divonis selama 29 tahun. Karena kerap bebas berkeliaran di luar penjara, Gayus beberapa kali pindah penjara. Bukan penjara sembarangan. Mulai dari LP Sukamiskin di Bandung, LP Cipinang di Jakarta Timur dan LP Gunung Sindur di Kabupaten Bogor. (Yat/Red)