JAK
Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut dan Ketua Harian DPD Golkar James Arthur Kojongian saat paripurna di kantor DPRD Sulut (Foto: KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEY)

ELANGNEWS.COM, Jakarta – Komnas Perempuan menggelar acara Media Briefing bertajuk Merespon Peristiwa KDRT oleh Politisi di Sulawesi Utara secara daring di Jakarta (16/2).

Puluhan aktivis perempuan dan wartawan hadir dalam acara tersebut melalui platform zoom. Termasuk dari Staf Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA).

Acara yang digelar oleh Komnas Perempuan tersebut berkaitan dengan kasus KDRT yang diduga dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara yang juga sebagai Ketua Harian DPD Golkar Sulut berinisial JAK terhadap istrinya MEP, yang juga seorang politisi.

Diketahui pada bulan Januari yang lalu melalui platform media sosial WhatsApp dan Facebook tersebar sebuah video viral seorang perempuan yang diduga MEP menghadang laju kendaraan roda empat yang dikendarai oleh JAK, lantaran perselingkuhan. Mobil tersebut terus melaju dan membuat MEP terseret hampir 20 meter jauhnya.

Gerakan Perempuan Sulut (GPS) yang dipimpin oleh Pdt. Ruth Ketsia Wangkai kemudian melakukan aksi advokasi atas peristiwa tersebut. Diketahui bahwa JAK akhirnya diberhentikan sebagai Ketua Harian Partai Golkar Provinsi Sulawesi Utara. GPS juga mendesak Badan Kehormatan DPRD Sulut untuk segera mencopot JAK dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Sulut.

Pada acara Media Briefing tersebut GPS juga menyerahkan pernyataan sikap mereka ke Komnas Perempuan untuk memperoleh dukungan penyelesaian kasus dengan cara sistemik, yaitu menjadi momentum penguatan komitmen parlemen dan Partai Politik pada agenda penghapusan KDRT.

GPS telah melakukan penyerahan sikap kepada beberapa partai di Sulawesi Utara. Selanjutnya perwakilan GPS hendak menyerahkan pernyataan kepada Komnas Perempuan dan KPPRI.

Komnas Perempuan sudah melakukan pengamatan sejak awal insiden ini dan telah mengirimkan pendapatnya kepada DPRD & BK DPRD Sulut.

Komnas Perempuan dan Gerakan Perempuan Sulut (GPS) melihat bahwa dukungan dan perhatian publik penting agar insiden serupa tidak berulang. (trd/red)

Berita Nasional & Peristiwa : Komnas Perempuan Dalami Dugaan KDRT oleh Politisi Golkar Sulawesi Utara, ElangNews.com.