Ketua KPPU Sambangi KPK Sore ini, Ada Apa?
Gedung KPK.

Elangnews.com, Jakarta – Kodrat Wibowo, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU),  akan menemui pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pukul 15.00 WIB (16/2). Pimpinan kedua lembaga negara independen tersebut berencana membahas hasil temuan KPPU atas perkembangan kasus ekspor benur alias benih lobster.

“Koordinasi penegakan hukum antar lembaga, khususnya terkait kasus lobster yang tengah bergulir di kedua komisi,” kata Karo Humas KPPU Deswin lewat rilis kepada awak media.

Sebelumnya, KPPU sudah menetapkan tiga pihak yang diduga melakukan monopoli ekspor benur. Ketiganya diduga melakukan persekongkolan dalam melakukan praktik usaha tidak sehat.

Baca:  Menteri Era Orde Baru Angkat Bicara Soal Korupsi Edhy Prabowo

Direktur Investigasi KPPU, Gopprera Panggabean menjelaskan ketiga pihak tersebut adalah PT Aero Citra Kargo (ACK), Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas yang berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Ketua Asosiasi Pengusaha Lobster Indonesia selaku pelobi. “Temuan awal kami lihat ada tindakan-tindakan dari terlapor ini ada tiga,” ujarnya.

Ketiganya diduga melanggar Pasal 17 UU No. 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Di dalamnya dijelaskan, pelaku usaha dilarang melakukan penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa yang dapat mengakibatkan terjadinya praktik monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.

Baca:  Ironis, Dapat Bung Hatta Award Nurdin Abdullah Ditangkap KPK

Kemudian, diduga ketiga pihak melanggar Pasal 24 UU soal persekongkolan. Pasal 24 menyatakan pelaku usaha dilarang bersekongkol dengan pihak lain untuk menghambat produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa pelaku usaha pesaingnya dengan maksud agar barang dan atau jasa yang ditawarkan atau dipasok di pasar bersangkutan menjadi berkurang baik dari jumlah, kualitas, maupun ketepatan waktu yang dipersyaratkan.
(tup/red)