Kendaraan Bermotor Listrik Booming, Ini Warna Plat Nomornya
Ilustrasi plat nopol .

Elangnews.com, Jakarta – Pemerintah terus mendukung pengembangan kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Mulai dari bidang insentif fiskal, promosi hingga kemudahan berinvestasi produk tersebut.

Ke depan pemerintah berencana membangun stasiun pengisian umum (SPKLU) dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU). Pembangunan tersebut didukung oleh penerbitan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Baca Juga:   Kemenperin Sebut Kendaraan Listrik Dapat Menghemat 5 Juta Barel BBM pada 2025

Permen ESDM tadi merupakan regulasi turunan dari Perpres 55 Tahun 2019. Rencana pembangunan SPKLU akan dilakukan di 2.400 titik dan SPBKLU di 10.000 titik sampai dengan tahun 2025.

Keistimewaan pengembangan kendaraan bermotor listrik tidak berhenti di situ. Korps Lalu Lintas () Polri telah membedakan plat nomor polisi kendaraan bermotor listrik dengan yang konvensional.

Baca Juga:   Kemenperin Dukung Penggunaan Mobil Listrik untuk Pariwisata

Di plat nomor kendaraan bermotor listrik, disertai adanya garis warna biru di bagian bawah plat. Misalnya plat nomor berwarna hitam, di kendaraan bermotor listrik, ditambahkan garis biru di tepat bagian masa berlaku plat.

Penambahan warna biru pada pelat nomor kendaraan listrik berguna layaknya identitas khusus. Dengan begitu, kendaraan listrik akan mudah dikenali atau dicirikan saat ada di jalan raya.
(tup/red)