ELANGNEWS.COM – Keberadaan PT. Guntur Dua Puluh atau G20 kemunculannya bagai disulap yang lokasinya berada di Jl. H. Naman No. 8A RT 013 RW 003 Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Kota Administrasi Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta tanpa sepengetahuan dan koordinasi dengan pengurus wilayah (RT/RW setempat), malah berkoordinasi dengan organisasi masyarakat (ormas).

Pengurus wilayah setempat melalui Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) yang diwakili oleh Samsul Hair dan Ketua RT 013/003 Drs. Slamet Pitoyo pada Senin, 14 Desember 2020 yang lalu sempat mengunjungi Sandi selaku Kepala HRD PT. G20. Perusahaan ini merupakan perusahaan dibawah naungan Dana Pensiun Kimia Farma dan PT. Kimia Farma Tbk, tandas Sandi menjelaskan sejarah PT. G20 ini yang merupakan perusahaan yang bergerak pada jasa outsourcing tenaga kerja untuk kebutuhan Kimia Farma.

Lebih lanjut Sandi selaku Kepala HRD PT. G20 menambahkan bahwa pihaknya meras malu kepada pengurus wilayah setempat (RT, RW, maupun LMK) karena seharusnya pihak G20-lah yang berkunjung karena PT. G20 berada diwilayah Bapak-bapak. PT. G20 pun mengaku bahwasanya tiap bulan memberikan insentif kepada sebuah ormas yang besarannya diatas Rp. 1.000.000,- tiap bulannya. Hal demikian sangat disesalkan pengurus wilayah setempat bahwa pengeluaran yang dilakukan PT. G20 tiap bulannya tidak jelas atau mubazir karena tidak ada efek manfaat untuk perusahaan tersebut dari pengeluaran tersebut, “lebih baik anggarannya dialihkan kepada pengurus resmi yang jelas erat kaitannya dengan keberadaan perusahaan yang Bapak pimpin”, tambah LMK RW 003 dalam perbincangan tersebut.

Dua pekan setelah pertemuan dengan PT G20, tepatnya pada 28 Desember 2020 pengurus wilayah yang diwakili oleh LMK RW 003 bersurat kepada PT. G20 yang isinya tentang kesiapan pengurus wilayah setempat membantu PT. G20 agar bisa bersinergi dengan lingkungan setempat. Bukannya disambut baik, akan tetapi sampai detik ini belum ada respon, balasan, tanggapan dalam bentuk apapun.

Kemunculan PT. G20 di Jalan H. Naman No. 8A Pondok Kelapa Bagai Sulap
Sumber : koleksi Her

Seharusnya banyak yang akan dibahas untuk kemajuan kedua belah pihak, salah satunya adalah Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial di dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para stakeholder berdasarkan prinsip kemitraan dan kesukarelaan yang kesemuanya jelas ada dasar hukumnya. Meningkatkan kesejahteraan para stakeholder merupakan salah satu misi untuk mencapai visi PT. G20 yaitu, “Menjadikan Perusahaan Agency Alih Daya serta Event Organizer Pilihan Utama Client”. HER